Sabtu 19 Aug 2017 20:30 WIB

Merriam-Webster Hadirkan Fitur 'Penjelajah Waktu'

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Merriam Webster
Merriam Webster

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS -- Kamus Merriam-Webster menghadirkan fitur unik di situs daringnya yang membuat belajar bahasa jadi lebih asyik. Kamus bahasa Inggris yang dikelola perusahaan penerbitan di Springfield, Amerika Serikat, itu kini memiliki layanan time traveler alias penjelajah waktu.

Pengguna yang mengklik laman resmi Merriam-Webster akan langsung disambut kehadiran fasilitas ini di beranda situs. Fungsinya adalah mengetahui istilah baru apa saja yang 'diciptakan' atau digunakan secara meluas pada tahun seseorang dilahirkan.

Misalnya, beberapa kata dalam bahasa Inggris seperti fashionista dan e-commerce yang kini amat sering digunakan dalam percakapan ataupun konten media massa. Rupanya, dua kata itu baru tercipta pada 1993, sama halnya dengan istilah microdermabrasion dan jukebox musical.

Selain menambah wawasan mengenai perbendaharaan kata, fitur ini juga memberi gambaran seperti apa kehidupan saat kita lahir. Sebagai contoh, 1993 menjadi tahun penuh istilah baru terkait teknologi dan industri kecantikan sehingga bisa dibayangkan seperti apa inovasi yang ada saat itu.

Gambaran lain, istilah yang baru muncul pada 1980 yaitu air guitar, gazillionaire, schmoozy, dan veg out. Sementara, mereka yang lahir pada 1970, bisa dibilang sudah setua istilah erectile dysfunction, love handles, dan dorky yang maknanya pun dijelaskan pada situs.

Pengguna tidak hanya bisa mengecek tahun dirinya dilahirkan, tetapi juga seluruh tahun yang tertera di situs. Banyak warganet sudah mencoba fitur ini dan mengaku ketagihan seperti yang mereka bagikan dalam beragam komentar.

"Istilah metrosexual...dan "virtual colonoscopy" adalah beberapa kata yang ditemukan di tahun kelahiran saya dan itu cukup meringkas apa yang terjadi di tahun tersebut," tulis pengguna Twitter @DomBellamy, dilansir dari laman Metro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement