REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berkolaboarsi dengan produk-produk Indonesia yang berhasil menembus pasar di luar negeri. Salah satunya adalah Co Branding Wonderful Indonesia dengan brand JJ Royal Coffee.
Brand tersebut telah melakukan penandatanganan MoU Co Branding dengan misi bersama yaitu mempromosikan pariwisata Indonesia. Netizen menyebut #CoBrandWonderfulIndonesia dan Pesona Indonesia ke dalam maupun luar negeri, pada tanggal 10 Agustus 2017, di Kantor Kemenpar.
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengapresiasi JJ Royal Coffee yang siap mendukung branding Wonderful Indonesia untuk disandingkan dengan produk mereka. Wanita berhijab itu menjelaskan, Kopi menjadi komoditi yang tepat untuk mengenalkan Pariwisata Indonesia ke luar negeri.
"Salah satu buktinya adalah saat pameran di ITB Berlin atau lainnya, booth kopi yang Indonesia sediakan ludes diburu para wisatawan yang menghampiri booth Wonderful Indonesia, kopi menjadi unggulan negara kita di event pameran apapun," ucap Esthy.
Seperti diketahui, JJ Royal Coffee sangat kreatif untuk menjual produknya hingga luar negeri. Apalagi dilakukan dengan selalu menampilkan kreasi baru dan dibungkus dengan ide-ide segar yang makin mengena di hati. "Karena itu konsistensi JJ Royal Coffee pantas diapresiasi positif. Apalagi tahun ini adalah kali pertama ada inisiatif menempel branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Semoga ini membawa manfaat untuk kita semua," kata Esthy.
Direktur Utama JJ Royal Coffee Yusuf Sumartha menjelaskan, produk JJ Royal Coffee pun sudah terkenal di dunia. JJ Royal Coffee merupakan passion Sugar Group Companies atas produk unggulan Indonesia, yaitu kopi. Meski awalnya dikenal sebagai produsen gula merek Gulaku, tapi manajemen melihat potensi besar di industri kopi.
Yusuf menambahkan, kehadiran JJ Royal tidak sekadar meramaikan pasar kopi. Namun, sejumlah inovasi dan terobosan baru berhasil diciptakan.Yusuf mengklaim, JJ Royal adalah pelopor kopi specialty grade 1 di Indonesia. Apa bedanya kopi premium dan specialty grade 1?
“Level premium itu masuk ke grade 2, sedangkan specialty grade 1 itu kualitasnya di atas premium atau disebut super premium,” katanya.
JJ Royal saat ini memiliki varian produk 40 SKU, 3 blend dan 10 origin, seperti kopi Luwak 100 persen murni, Toraja, Javamonk, Mandheling, Aceh Gayo, Papua, Kintamani, Lampung dan Flores.
Tiap origin tersedia dalam kemasan bentuk bubuk dan biji. Range panjang produk ini boleh dibilang paling luas di dunia. Sementara produsen kopi lain rata-rata hanya punya 2-3 varian produk kopi. Dari sisi kemasan, produk JJ Royal didesain mewah dan eye catching. Dengan menampilkan gambar biji-biji kopi matang di pohon dan
setelah disangrai, kemasan JJ Royal menarik karena dipadukan warna coklat keemasan.
“Untuk yang sachet, dikemas 1 boks isi 5 sachet dengan bonus gula pasir sachet. Gula sengaja dipisah agar dapat dinikmati sesuai selera,” ucapnya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan kemenpar bersama JJ Royal Coffee itu. Baginya, co-branding sangat penting dilakukan untuk memperluas jangkauan target pasar dan mengerek ekuitas dari brand yang bergabung.