Selasa 15 Aug 2017 11:20 WIB

Ruben Onsu dan Sarwendah Jadi Duta Pencegahan Kanker Serviks

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Warga membaca buklet berisi informasi tentang Kanker Serviks
Foto: ANTARA/Andika Betha
Warga membaca buklet berisi informasi tentang Kanker Serviks

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan selebritas Ruben Onsu dan Sarwendah ditunjuk menjadi duta pencegahan kanker serviks. Mereka ditunjuk oleh Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) untuk lebih mengampanyekan edukasi mengenai penyakit ganas ini.

Selain Ruben Onsu dan Sarwendah, sederet artis yang juga ditunjuk menjadi duta pencegahan kanker serviks adalah Wulan Guritno, Prilly Latuconsina, dan Dewi Sandra. Menurut Ruben, penunjukan dirinya menjadi duta berawal tatkala ia mendampingi almarhumah Julia Perez (Jupe).

"Saat itu ketika Jupe sakit saya selalu mendampingi bersama keluarganya termasuk ketika diskusi dengan dokter," jelas Ruben saat penobatan dirinya sebagai duta dalam acara KICKS, hari ini (14/7).

Berbulan-bulan ia berinteraksi dengan dokter spesialis onkologi dan ginekologi yang merawat Jupe yakni Profesor Andrijono. Andrijono yang menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Onkologi dan Ginekologi Indonesia juga merupakan salah satu penggagas KICKS. Dari sanalah Ruben dan Sarwendah diminta ikut terlibat dalam kampanye pencegahan kanker serviks.

Ruben mendorong kaum adam agar ikut menyadarkan istri dan seluruh wanita yang ada di sekitarnya untuk memahami bahaya kanker serviks. Menurutnya kanker serviks bukan sesuatu yang menakutkan karena bisa dicegah sedini mungkin.

"Jangan cuma wanita saja yang paham tapi laki-laki juga harus mengerti, karena kalau kehilangan orang yang kita cintai rasanya pasti kecewa sekali," kata pemilik bisnis ayam goreng ini.

Sang istri, Sarwendah, yang juga ambil bagian dalam kampanye ini mengatakan dirinya sudah memperoleh vaksin pencegah kanker serviks. "Setiap wanita saya rasa wajib melakukan tindakan preventif," kata Sarwendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement