Sabtu 05 Aug 2017 14:57 WIB

23 Negara Ikut Lomba Layang-Layang di Sanur Village Festival

Suasana di sebuah festival layang-layang
Suasana di sebuah festival layang-layang

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Kesenian lokal di Bali terkenal unik. Ibarat tombol sirine, ketika dibunyikan, maka para wisatawan akan berdatangan ke Bali.

Daya magnet kesenian Bali memang luar biasa sehingga tak salah apabila setiap daerah di Bali mengemasnya menjadi kegiatan yang bertujuan mendatangkan wisatawan. Salah satunya yaitu Sanur Village Festival (SVF) 2017.

Perhelatan SVF 2017 akan diselenggarakan di Pantai Sanur, tepatnya di Maisonette Area Inna Grand Bali Beach Bali pada 9 hingga 13 Agustus 2017. Semua program dikemas dalam nuansa Indonesia. Festival yang sudah berlangsung ke-12 kalinya ini merangkul berbagai komponen masyarakat untuk merayakan keberagaman warga.

"Membumikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang berbineka. Kegiatan ini sangat tepat dan sesuai dengan tema yang diusung yaitu The New Spirit of Heritage," kata Ketua Panitia SVF 2017, Ida Bagus Gede Sidharta dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (5/8).

Ada 27 agenda kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan yang datang ke Sanur. Kegiatan tersebut diantaranya pelepasan bayi penyu ke laut, festival layang-layang, turnamen memancing, aktivitas lingkungan seperti bersih-bersih pantai, hingga pesta kuliner. Dia mengatakan sudah ada 23 negara yang mendaftar untuk lomba layang-layang tingkat internasional.

Rangkaian SVF 2017 akan ditutup dengan kegiatan wisata olahraga Bali International Triathlon 2017, yang akan berlangsung pada 15 Oktober 2017. Kegiatan perlombaan ini menggabungkan tiga cabang olahraga atletik yakni renang, lari, dan sepeda tingkat internasional yang akan digelar di Pantai Mertasari, Sanur, Badung, Bali. Acara ini telah meraih berbagai penghargan termasuk Best Destination Triathlon dan menarik minat lebih dari 1.000 peserta dari 30 negara serta lebih dari 500 pelari lokal asal Indonesia.

Pantai Sanur adalah satu di antara sepuluh tempat paling populer di Asia versi TripAdvisor. Airnya lebih tenang dibandingkan Pantai Kuta dan memiliki delapan titik pantai yang hampir semuanya berpasir putih. Beberapa pantai itu di antaranya adalah Pantai Segara Ayu, Pantai Sindhu, dan Pantai Mertasari.

Bagi Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Sanur adalah contoh pengembangan pariwisata berbasis komunitas dan sangat sukses. Salah satunya pengelolaan Pasar Sanur yang pernah dia kunjungi. "Ini bisa dicontoh oleh daerah lain dalam menggembangkan destinasi pariwisata dengan model serupa. Kondisi pasarnya juga bagus, tidak ada kesan kumuh, tapi lebih friendly," ujarnya.

Letak pantai berjarak 17 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai.  Di sini, selain menikmati matahari terbit, wisatawan bisa menikamti matahari terbenam di Dreamland.  Di areal tempat wisata juga banyak tersedia penginapan, baik berupa hotel, resor, villa maupun bungalow. "Nah, ingin ikut dan nikmati kemeriahan festival ini? Segera kunjungi ke Sanur, Bali, dan nikmati akhir pekan dengan beragam kegiatan dan atraksi seru dalam Sanur Village Festival 2017," kata Arief berpromosi.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement