Jumat 04 Aug 2017 21:54 WIB

Konser Orkestra Megah di Pelataran Candi Prambanan

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Andri Saubani
Sejumlah pemain orkestra tampil dalam Yogyakarta-Victoria Friendship
Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Sejumlah pemain orkestra tampil dalam Yogyakarta-Victoria Friendship "The Symphony Collaboration Concert" di Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (4/8) malam. Konser kolaborasi tersebut merupakan kerjasama bidang seni budaya pemerintah DI Yogyakarta dengan Pemerintah negara bagian Victoria, Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika biasanya orkestra disajikan secara in-door di dalam hall atau gedung teater, maka kali ini masyarakat di sekitar Yogyakarta mendapat suguhan yang berbeda. Karena, dalam pertunjukan spesial kali ini, Candi Prambanan dipilih menjadi lokasi pertunjukan sebuah orkestra.

Kelompok orkestra yang tampil pun juga istimewa, karena, pertunjukan yang digelar pada Jumat (4/8) malam itu menampilkan kelompok orkestra bernama Melbourne Symphony Ochestra (MSO). Sesuai dengan namanya, orkestra ini adalah kelompok yang bermarkas di Melbourne, Australia.

Dengan balutan pencahayaan nan megah, Candi Prambanan yang menjadi latar panggung pun terlihat menonjol. Tepat pukul 20.00 WIB, penonton mulai terpana akan sajian symphony musik yang mulai mengalun. Apalagi, pertunjukan di pelataran candi yang beralaskan rumput dan beratapkan langit itu didukung dengan cuaca yang cerah.

Hal itu otomatis menciptakan sebuah sajian pertunjukan yang memadukan antara musik, sejarah, budaya, teknologi serta kerlipan bintang-bintang di langit nan mempesona. Tak heran, seluruh penonton yang memadati bangku pun terlihat menikmati setiap alunan dengan syahdu.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, kegiatan ini adalah sebuah kehormatan bagi Yogyakarta. "Karena Yogyakarta dipilih menjadi tempat pertunjukan salah satu orkestra terbaik di dunia," ujarnya yang juga turut menyaksikan pertunjukan orkestra yang telah berdiri sejak 1906 tersebut.

Ia juga menilai, acara ini juga merupakan kegiatan yang sangat penting, karena ini merupalan wujud kerja sama antara Yogyakarta dengan Negara Bagian Victoria. "Selain itu, tentu kerja sama ini juga memberi kontribusi positif bagi kerja sama bilateral antara Indonesia dan Australia," kata dia. Apalagi, ia percaya, dengan pendekatan kebudayaan maka juga dapat semakin melekatkan hubungan antar negara.

Orkestra ini dimainkan oleh 40 musisi dari MSO berkolaborasi dengan 16 musisi muda dari Yogyakarta yang pernah mengikuti Youth Music yang sekolah di Sekolah Menengah Musik dan Institut Seni Indonesia. Konser ini dihadiri sekitar 700 undangan yang termasuk dari Kedutaan Besar Australia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gubernur DIY, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, para pejabat di lingkungan Pemda DIY serta para pengusaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement