Jumat 04 Aug 2017 07:13 WIB

Perjuangan Nyai Ahmad Dahlan Diangkat ke Layar Lebar

Peluncuran film
Foto: Republika
Peluncuran film "Nyai Ahmad Dahlan"

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosok pahlawan nasional Indonesia, Ibu Siti Waidah yang juga dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan, pendiri organisasi perempuan Aisyiyah, diangkat ke layar lebar. Film biopik produksi Iras Film ini akan tayang mulai 24 Agustus 2017 mendatang.

Film ini dibintangi Tika Bravani sebagai Nyai Ahmad Dahlan, David Chalik sebagai Kyai Ahmad Dahlan, dan sejumlah nama pemeran lainnya seperti Cok Simbara, Della Puspita, Rara Nawangsih, Egi Fedly, Malvino Fajaro, Inne Azri dan Olla Ata Adonara sebagai sutradara.

Dyah Kalsitorini selaku produser sekaligus penulis skenario mengatakan, membuat film ini merupakan amanah yang luar biasa mengingat sosok Nyai Ahmad Dahlan yang luar biasa.

"Dalam durasi 98 menit Insyaallah kami berusaha gambarkan siapa beliau. Sosok Nyai Ahmad Dahlan sebagi istri, ibu, guru, sahabat dan pejuang," ujar Dyah Kalsitorini dalam jumpa pers "Nyai Ahmad Dahlan", Kamis (3/8) kemarin.

Dyah mengatakan, film ini tidak semata-mata mengangkat sosok Nyai Ahmad Dahlan sebagai istri dari KH Ahmad Dahlan, namun juga sebagai upaya mengangkat kembali kisah-kisah inspiratif tentang pejuang perempuan tanah air yang kerap dilupakan dari sejarah.

Dalam penggarapan cerita film ini, Dyah mengatakan mendapat dukungan dari keluarga besar Nyai Ahmad Dahlan. Bahkan riset yang dilakukan selama enam bulan juga mendapat pendampingan dari pihak keluarga.

"Banyak pahlawan nasional perempuan yang tenggelam. Padahal banyak sekali, salah satunya adalah Nyai Ahmad Dahlan asal Kauman, Yogyakarta ini," kata dia.

Dyah juga mengatakan bersyukur mendapat dukungan dari keluarga besar Kyai Ahmad Dahlan, Muhammadiyah dan Aisyiyah. Bahkan ia menyebut 90 persen pemain dalam film ini adalah keluarga besar Kyai Ahmad Dahlan, Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Antara lain Dahnil Anzar Simanjuntak ketua umum PP Muhammadiyah yang memerankan Kyai Fakhrudin, Dyah Puspitarini ketua Nasyiatul Aisyiyah yang memerankan Munjiyah.

Film ini juga menempatkan Tya Subiakto untuk music scoring.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement