Senin 31 Jul 2017 14:59 WIB

Filatelis Bisa Datangkan Penghasilan Ribuan Dolar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Pengunjung mengamati filateli saat pameran Nasional Filateli (Panfila) di Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Kamis (11/5).
Foto: Mahmud Muhyidin
Pengunjung mengamati filateli saat pameran Nasional Filateli (Panfila) di Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Kamis (11/5).

REPUBLIKA.CO.ID, Hobi mengumpulkan perangko atau filatelis ternyata bisa mendatangkan penghasilan. Sekreris II Perkumpulan Filatelis Indonesia Gita Noviandi mengatakan penghasilannya setiap minggu bisa mencapai 6 ribu dolar AS.

"Itu hasil dari penjualan koleksi perangko yang saya miliki. Hobi ini sangat bisa mendatangkan penghasilan," ujar Gita kepada wartawan, Senin (31/7).

Menurut Gita, transaksi prangko sekarang umumnya dilakukan dengan negara lain. Penjualannya melalui mail order, lelang tertulis, online auction, web shop dan mengikuti bursa serta lelang di dalam dan luar negeri.

"Saya pernah nemu surat dari Cina. Ga ada prangkonya tapi ada capnya. Saya juga ga ngerti dari mana mau ke mana yang jelas dari harga 0,99 dolar Amerika jadi Rp 13 juta," katanya.

Menurutnya, bisnis filateli saat ini cukup menjanjikan. Bahkan, dunia bisnis filateli sekarang ini justru makin ramai disaat tradisi surat-menyurat mulai ditinggalkan.

Gita mengaku mulai jatuh cinta dengan hobi satu ini sejak masih berusia 10 tahun. Saat itu, Ia hanya tertarik dengan gambarnya saja. Perangko didapatkannya secara gratisan dengan menyurati seluruh kantor pos di seluruh dunia. Ia pun, pernah menghubungi bagian philatelic division. Tak disangka keisengannya berbuah manis. Ia dikirimi perangko dari berbagai negara. Lama kelamaan, ia pun menjadi kolektor benda-benda filateli dari seluruh dunia.

"Kemudian pada 1996 mengikuti perkumpulan filateli remaja Bandung dan berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan. Dari situ, hobi ini terus saya dalami," katanya.

Gita berharap, adanya Pameran Internasional Filateli di Bandung Agustus ini, bisa mengenalkan kembali pada remaja tentang dunia filatelis. Ia berharp, setelah mengenal remaja pun tertarik untuk ikut mengoleksi.

"Prangko ini, menarik bukan hanya dari gambar. Tapi di balik sekeping prangko sangat luar biasa kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Makanya, sayang kalau pameran prangko nanti dilewatkan begitu saja," katanya.

Dikatakan Gita, Indonesia memiliki perangko yang menarik. Salah satu perangko unik Indonesia yang diperebutkan adalah adalah yang bertema Naga Air yang diterbitkan saat memasuki tahun baru Imlek. Perangko itu dalam waktu singkat habis dan kini sulit untuk mendapatkan perangko tersebut di Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement