Ahad 30 Jul 2017 17:42 WIB

Radiohead Bagikan Tiga Video Pertunjukan Musim Panas

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Radiohead
Foto: New Musical Express
Radiohead

REPUBLIKA.CO.ID, Grup musik Radiohead membagikan video rekaman tiga pertunjukan panggung mereka selama periode musim panas. Klip dokumentasi tersebut disebarluaskan lewat saluran radiohead.tv yang baru dirilis ulang oleh para personel.

Rekaman menampilkan aksi panggung band yang terdiri dari Thom Yorke, Colin Greenwood, Jonny Greenwood, Ed O'Brien, dan Philip Selway itu. Ketiga momen pertunjukan tersebut antara lain Best Kept Secret Festival di Belanda, I-Days Festival di Italia, dan Opener Festival di Polandia.

Band asal Inggris tersebut baru saja melangsungkan pertunjukan di Israel pada 19 Juli 2017 silam yang menandai berakhirnya tur dunia A Moon Shaped Pool. Rangkaian acara tersebut sekaligus menjadi perayaan 20 tahun album ikonik Radiohead, OK Computer.

Keputusan mereka untuk tetap manggung di Israel menuai kritik dan reaksi keras dari berbagai pihak. Pasalnya, seluruh personel menolak untuk bergabung dalam gerakan boikot budaya terhadap Israel atas pelanggaran hak asasi manusia yang dianggap telah dilakukan negara tersebut.

Berbagai desakan telah dialamatkan kepada Radiohead, termasuk surat terbuka dari para seniman pro-Palestina di Inggris. Surat yang ditandatangani deretan musisi seperti Roger Waters, Thurston Moore, dan Young Fathers itu meminta Radiohead untuk memikirkan kembali sikap mereka.

Sang vokalis, Thom Yorke, baru-baru ini terlibat perdebatan Twitter dengan sutradara Ken Loach mengenai hal sama. Loach bertanya kepada band apakah mereka akan "membela yang tertindas atau penindas?" sedangkan Yorke bersikeras dirinya tidak membela pemerintah Israel sekaligus tak percaya terhadap istilah pemboikotan budaya.

Kabar terkini lain dari Radiohead adalah kehadiran gitar Fender khusus bernama "EOB Sustainer Stratocaster" yang turut didesain oleh gitaris Radiohead Ed OBrien. Ini adalah instrumen pertama yang dirancang dan dikembangkan bersama salah satu anggota Radiohead, dilansir dari laman New Musical Express.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement