Ahad 30 Jul 2017 16:05 WIB

Grup Musik Spanyol Belajar Membuat Ulos

Pengrajin Kain Ulos (ilustrasi)
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Pengrajin Kain Ulos (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOBA SAMOSIR -- Pendopo Kantor Bupati Toba Samosir (Tobasa) mendadak semarak dengan gondang Batak dan penari tradisional Tortor. Pemerintah Kabupen Tobasa dan masyarakat setempat menyambut kehadiran kelompok musik asal Vinculos 2017 pada Kamis (27/7)

Grup orkestra asal Tanah Matador ini beranggotakan 50 orang. Mereka menggelar aksi panggung di sejumlah tempat di Tobasa mulai (28/7) hingga (2/8).

Datang dengan rombongan besar, Vincolus mendapat sambutan meriah dengan Tari Tortor dan Gondang Batak sebagai ucapan selamat datang. Lantunan musik menghentak ini membuat grup pimpinan Manuel Paz ini ikut menari. Bukan cuma  Gondang dan Tari Tortor, Pemerintah Kabupaten Tobasa juga mencontohkan cara menenun kain tradisional khas Batak, Ulos, di sisi panggung.

Sajian budaya ini langsung mendapat atensi dari Vinculos. Vincolus juga mendapat sajian menarik lain yaitu pertunjukan kelompok musik terompet Sangkakala Toba Samosir berjumlah lebih dari 10 orang. Vinculos tampak terhibur dengan pertunjukan singkat sekitar 10 menit. Sangkakala Tobasa membawakan tiga ansambel di depan Vincolus. Mereka mengabadikan momen langka ini dengan gawai masing-masing.

Acara kemudian berlanjut pada seremonial penyerahan Ulos. Upacara seremonial ini diwakili oleh Bupati Tobasa, Darwin Siagian, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebuyaan, Nadjamuddin Ramly. Mereka menyerahkan ulos kepada Direktur Vinculos, Manuel Paz di atas panggung.

Vinculos akhirnya menggelar aksi panggung untuk menghibur para undangan, lengkap dengan cello, gitar, dan alat perkusi. Kemendikbud selaku penggagas acara ini berharap, interaksi budaya Indonesia-Spanyol melalui Vincolus membuat Danau Toba semakin beken di mata dunia. Dengan jumlah anggota 50 orang dari berbagai daerah di Spanyol, Nadjamuddin berharap Vincolus menjadi diplomasi budaya untuk meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia.

Tahun ini, Kemendikbud mematok target mempromosikan budaya Indonesia kepada 50 negara di dunia melalui media sosial, interaksi budaya, dan komunikasi virtual sehingga secara signifikan mampu meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia. "Vinculos akan memperkenalkan keindahan Danau Toba kepada dunia. Ketika mereka memposting foto-foto Danau Toba di media, dampaknya akan sangat terasa nantinya," ujar Nadjamuddin dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (30/7).

Kemendikbud sengaja mengundang Vinculos ke Danau Toba karena destinasi ini salah satu dari 10 destinasi prioritas pariwisata di Indonesia. Kemendikbud berharap, ke depan bisa secara konsisten menggelar perhelatan serupa untuk mendongkrak nilai jual destinasi pariwisata di Indonesia.

Kemenpar sendiri, kata dia, bisa menjadi garis terdepan untuk menjual keindahan Indonesia kepada seluruh dunia. "Dari Toba Samosir untuk dunia kembali kepada Indonesia, Kemenpar sangat konsisten mempromosikan Danau Toba," ujar Nadjamuddin.

Bupati Tobasa, Darwin Siagian, antusias dengan kunjungan kelompok Vinculos ke Danau Toba. Menurut Darwin, kelompok musik berskala dunia ini otomatis mempromosikan Danau Toba kepada dunia. "Harapan kami ke depan bisa selalu menghadirkan event-event besar di Tobasa untuk mengenalkan budaya dan promosikan pariwisata di sini," kata dia.

Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah Thaib, sumringah mendengar kabar tersebut. Menurut dia, Danau Toba juga sudah sangat bisa menerima akses dari manapun. Maklum, salah satu yang biasa disebut 10 Bali Baru itu sudah memiliki bandara dengan kelas internasional. "Destinasi ini peningkatannya sangat signifikan pasca Bandara Silangit menjadi internasional. Terima kasih Kemendikbud, mari kita kembangkan lagi destinasi 10 Bali Baru yang lain dengan kebudayaan tanah air kita,” ujar Hiramsyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement