Kamis 27 Jul 2017 12:01 WIB

Kemenpar-Air Asia Perkuat Promosi di Pasar Singapura

AirAsia X
Foto: Wikipedia
AirAsia X

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng maskapai Air Asia Singapura untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Kerjasama dalam kampanye pemasaran terintegrasi tersebut  mempunyai nilai strategis sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura ke Indonesia.

Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata Kemenpar Judi Rifajantoro mengatakan, kerjasama promosi dengan AirAsia.com merupakan salah satu cara termudah untuk menjamin jutaan mata iklan karena dapat menargetkan pelanggan berdasarkan negara asal mereka dengan 23 negara dalam 13 bahasa. Target kedatangan wisman tahun ini sebesar 12 juta dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019 mendatang.

"Tujuannya membangun brand awareness dengan homepage dan menjalankan iklan pada situs skycraper advertising. Selain itu, meningkatkan branding Wonderful Indonesia melalui marketing plan AirAsia dan mempromosikan destinasi Indonesia,” kata  Judi.

Judi menilai apa yang dilakukan Kemenpar ini sesuai target dengan cakupan penerbangan AirAsia terutama di originasi Singapura  serta meningkatkan jumlah kunjungan wisman terutama di originasi Singapura di antaranya melalui penjualan tiket AirAsia dan paket wisata.

Kemenpar menganggarkan 50 persen dari biaya placement pada media yang diusulkan oleh AirAsia,  berkoordinasi dengan pihak Air Asia dalam finalisasi desain yang akan digunakan, melakukan launching atau press gathering pada awal kerjasama dengan memfasilitasi komponen sewa tempat, dekorasi, pertunjukan kesenian Indonesia, dan souvenir, serta mengadakan program direct selling di beberapa lokasi yang disepakati dengan komponen yang difasilitasi oleh Kemenpar.

Sementara itu sebagai kontraprestasi dari kerjasama tersebut, Air Asia berkomitmen meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia pada periode kerjasama berlangsung dengan memonitor dan melaporkan perbandingan jumlah pengunjung pada periode  dan di luar periode tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) wisatawan asal Singapura secara konsisten menduduki peringkat pertama untuk jumlah kedatangan turis mancanegara di Indonesia. Data Kemenpar menunjukkan jumlah kunjungan wisman dari Singapura pada semester pertama tahun ini  mencapai 745 ribu wisman.

Maskapai Air Asia telah membuka penerbangan langsung dari Singapura ke sejumlah destinasi unggulan di Indonesia. Di antaranya yakni dari Singapura ke Jakarta, Yogyakarta, Bali, Semarang dan Bandung. Selain itu dari Singapura ke destinasi Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Solo, Pontianak, Lombok dan Makassar dengan total penerbangan keseluruhannya mencapai 77 kali per minggu atau terbanyak di antara maskapai penerbangan berbiaya hemat yang ada di kawasan ASEAN.

sumber : kemenparp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement