Selasa 25 Jul 2017 13:50 WIB

Sri Mulyani Kesengsem Pesona Labuan Bajo

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat berlibur di Labuan Bajo.
Foto: Facebook Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat berlibur di Labuan Bajo.

REPUBLIKA.CO.ID, MANGGARAI BARAT -- Liburan dengan orang-orang tercinta menjadi salah satu cara ampuh melepas penat. Tak terkecuali bagi seorang menteri yang kerap berkutat dengan berbagai persoalan negara.

Saat berlibur di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Menteri Keuangan Sri Mulyani  terlihat sangat menikmati liburan bersama orang-orang yang tercintanya. Tidak terlihat sosok Sri Mulyani yang selama ini berkutat dengan urusan berat terkait perekonomian Indonesia. Yang tampak hanyalah Sri Mulyani layaknya travelista pada umumnya. Penampilan perempuan berusia 54 tahun itu jauh berbeda dibandingkan saat dirinya bertugas. Dalam sebuah foto yang diunggah di akun Facebook resminya, Sri Mulyani terlihat sangat santai.

Dia mengenakan kaus lengan panjang berwarna hitam. Ibu tiga anak itu juga memakai topi terbalik untuk menutup kepalanya. Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu terlihat seperti memegang komodo di Pulau Rinca. Di foto lainnya, Sri Mulyani terlihat berdiri di atas anjungan kapal. Dia mengenakan baju putih dan celana cokelat. Sri Mulyani tak ketinggalan berpose.

Dalam foto lainnya, Sri terlihat duduk santai di sebuah gazebo. Dia juga menyelam di permukaan air (snorkeling) di Malta Point bersama orang-orang tercinta. “Saya mengunjungi Labuan Bajo, salah satu destinasi pariwisata nasional yang sangat mengesankan. Saya sempat naik bukit (hiking) hingga mencapai puncak bukit di Padar melihat pemandangan spektakuler tiga teluk. Pengalaman menakjubkan yang tidak terkatakan,” tulis Sri Mulyani di akun Facebook resminya.

Dia juga sangat terkesan saat snorkeling di Manta Point. Saat itu, dia melihat langsung kehidupan bawah laut yang sangat indah. “Pengalaman yang mengesankan adalah pemandangan alam yang luar biasa dan masih terpelihara. Suhu udara, langit biru yang bersih dan sempurna yang sangat menyenangkan karena angin sejuk dari selatan serta kebersihan yang masih terjaga. Saya mengagumi turis-turis yang menjaga kebersihan,” tulisnya lagi.

Saat itu, Sri Mulyani sempat bertemu dan menyapa kelompok salah satu bank swasta yang sedang bekerja bakti membersihkan sampah di pantai. “Luar biasa komitmen dan kerja masyarakat Indonesia yang peduli terhadap alam kita sendiri. Mari kita tiru," kata perempuan kelahiran Lampung itu.

Dia pun terkesan dengan keramahtamahan masyarakat Flores kepada turis. Karena itu, dia mengajak semua travelista mengunjungi destinasi-destinasi indah di Indonesia.

Dia juga meminta travelista menjaga kebersihan dan keindahan alam. Caranya dengan tidak merusak atau mengotori destinasi wisata. “Labuan Bajo sangat berpotensi untuk menarik wisatawan dari para peserta pertemuan tahunan IMF/World Bank di Bali tahun 2018,” ujarnya.

Sri Mulyani berharap APBN dengan dana transfer ke daerah, termasuk dana desa bisa dipergunakan untuk membangun infrastruktur yang meningkatkan pariwisata Indonesia. Selain itu, juga untuk menyiapkan masyarakat lokal agar bisa memperoleh manfaat pengembangan pariwisata dengan terciptanya lapangan kerja.

“Jadikan pariwisata salah satu mesin penggerak ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan membanggakan Indonesia,” kata dia.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, tersenyum melihat foto-foto yang diunggah Sri Mulyani dalam akun media sosialnya. Arief memang sangat peduli dengan media sosial yang terkait destinasi wisata. Apalagi itu berada di 10 Bali Baru, salah satunya Labuan Bajo.

"Terima kasih Bu Ani, turut mengendors travellers untuk datang dan menikmati keindahan, keunikan dan sekaligus kehebatan alam dan bahari Labuan Bajo," kata Arief. Arief menyebut, masih ada sembilan destinasi prioritas lain yang patut dikunjungi agar bisa khatam dengan 10 Bali Baru yang sedang dikembangkan Kemenpar.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement