Senin 03 Jul 2017 14:44 WIB

Chicco Jerikho Galang Dana untuk Rayakan Ultah

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Chicco Jerikho
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Chicco Jerikho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chicco Jerikho merayakan ulang tahun ke 33 dengan cara yang tidak biasa. Dia melakukan penggalangan dana untuk petani kopi yang berada di Merapi, Yogyakarta.

Sebagai bentuk ras syukur dengan pertambahan umur, dia ingin merayakannya tidak hanay untuk diri sendiri. Pemeran Ben dalam Filosofi Kopi ini pun ingin mengajak masyarakat berpartisipasi untuk masyarakat.

Bentuk bantuan yang ingin diberikan Chicco berupa mesin sangrai manual untuk kelompok petani kopi Kang Sukiman di Desa Sidorejo. Untuk mewujudkannya dia menggalang kampanye pengumpulan donasi melalui laman Kitabisa.com/kadoultahben.

“Kebetulan gue denger cerita tentang Kopi Tanah Air Kita yang lagi mau ngebantu Kang Sukiman untuk memberdayakan Petani Kopi Merapi," kata pria berusia 32 tahun itu melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (3/7).

Chicco merasa terpangil untuk ikut ambil bagian bersama publik untuk memberikan kado istimewa sebagai perayaan ulang tahunnya. Apalagi, dia memiliki ikatan cukup kuat dengan kopi setelah membintangi dua film yang terinsiparasi dari karya Dewi Lestari.

"Donasi Kalian akan disalurkan dalam bentuk alat sangrai manual 'Mami-Kotak' dan pelatihan penggunaan alat tersebut kepada para petani,” ujar Chicco.

Sukiman Mochtar Pratomo atau dipanggil Kang Sukiman, seorang petani kopi dan sayur merangkap sebagai koordinator komunitas Lintas Merapi Desa Sidorejo. Komunitas sukarelawan di kawasan Puncak Gunung Merapi itu berupaya membangkitkan kembali kejayaan kopi Merapi seperti era 1980-an. Salah satu kegiatan nyata mereka adalah dengan memproduksi kopi kemasan Cap Petruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement