Jumat 09 Jun 2017 14:26 WIB

Sederet Sajian Seru di Pesta Kesenian Bali 2017

Beberapa seniman membawa sesajen dalam Parade Pesta Kesenian Bali ke-34 di Denpasar, Bali, Minggu (10/6). Festival tahunan bidang seni budaya itu berlangsung 10 Juni-9 Juli 2012 yang melibatkan sekitar 15 ribu seniman dari seluruh Bali, 18 tim kesenian dar
Foto: Antara
Beberapa seniman membawa sesajen dalam Parade Pesta Kesenian Bali ke-34 di Denpasar, Bali, Minggu (10/6). Festival tahunan bidang seni budaya itu berlangsung 10 Juni-9 Juli 2012 yang melibatkan sekitar 15 ribu seniman dari seluruh Bali, 18 tim kesenian dar

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017 sudah di depan mata. Acara kebudayaan akbar ini menjadi momen tepat bagi anggota keluarga dan wisatawan untuk menikmati berbagai suguhan seni di Taman Budaya Bali atau Art Center.

Sederet sajian seru disiapkan untuk gelarannya dari 10 Juni hingga 8 Juli. Acara kesenian unik dipastikan disuguhkan tiap harinya dimulai pukul 10.00 WITA dan diakhiri pukul 20.00 WITA.

"Jangan lupa, di Pesta Kesenian Bali ini juga ada sejumlah peserta Kesenian dari negara asing yang memperkenalkan budaya dan seni mereka di Bali," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA Yuniartha Putra dalam keterangan persnya Kamis (8/6).

Dalam susunan jadwal acara PKB 2017, tercatat berbagai pementasan seni ditampilkan. Di antaranya parade Ngelawang, pementasan wayang kulit, drama gong, topeng, joged bumbung, prembon, bebondresan, taman panasar, tari dan tabuh, arja, gong kebyar, baleganjur, kesenian gambuh sampai pementasan Calonarang, dan berbagai pementasan kesenian lainnya.

Setiap harinya duta-duta seni dari sejumlah Kabupaten di Bali melengkapi kegiatan dan pertunjukan seni di Taman Budaya Art Center ini. 

“Tema yang diusung juga berbeda-beda. Semua diset berdasarkan kontinuitas, teks dan kontekstual. Untuk 2016–2020, tema-nya Panca Maha Bhuta yang terdiri dari 5 unsur atau elemen yang membentuk makhluk hidup. Di antaranya Pertiwi (tanah), Apah (air), Bayu (udara), Teja (cahaya) dan Akasa (eter). Dan sub tema PKB 2017 ini adalah bertemakan Ulun Danu yaitu melestarikan air (Apah) sebagai sumber kehidupan,” tambah Agung.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikut turun langsung membantu promosi dan viral even PKB 2017. Bidikannya jelas. Menteri Arief menginginkan event berkelas dunia itu semakin nge-hits di kalangan wisatawan.

Strategi POSE yang terdiri dari paid media, own media, social media dan endorser media, langsung dikeluarkan menteri asal Banyuwangi itu. Semua diarahkan untuk ikut mempromosikan even wisata akbar di destinasi terbaik 2017 pilihan TripAdvisor itu.

“Polanya harus mencakup pre-event, on-event, dan post event. Kegiatan itu dipromosikan melalui digital media dulu. Diviralkan dulu melalui media digital," kata Menpar Arief Yahya.

Intip susunan kegiatan atau jadwal acara lengkap Pesta Kesenian Bali (PKB) Tahun 2017 di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement