Jumat 09 Jun 2017 14:22 WIB

Belanja Daring Busana dan Gawai Selalu Laris Jelang Lebaran

Rep: CHRYSTIANINGSIH ./ Red: Indira Rezkisari
Belanja online
Foto: Republika/Wihda Hidayat
Belanja online

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki Ramadhan dan menjelang Lebaran sejumlah produk mengalami kenaikan penjualan di toko daring. Communications Lead Tokopedia, Siti Fauziah, mengungkapkan setiap Ramadhan produk busana Muslim dan gawai selalu laris diburu pembeli.

Fauziah yang ditemui Republika.co.id pada Kamis (8/6) malam menuturkan di awal Ramadhan masyarakat memburu pakaian dan peralatan Muslim. Penjualan gamis, kerudung, mukena, atau sajadah di Tokopedia terdongkrak di awal Ramadhan. "Menjelang dan setelah THR dibagikan perhatian masyarakat mulai beralih ke gawai," katanya, tanpa bersedia menyebut angka penjualan.

Menurutnya, pola pembelian demikian selalu sama setiap Ramadhan dan Lebaran. Kepraktisan masih menjadi alasan utama pembeli memanfaatkan belanja di toko daring. "Banyak juga yang membeli di toko daring untuk dikirimkan ke kampung halaman, jadi besok ketika mudik dia tidak perlu repot-repot membawa barang," katanya.

Berdasarkan data perusahaan, pembeli Tokopedia didominasi masyarakat yang tinggal di Jawa Barat sebanyak 24 persen. Sedangkan DKI Jakarta menempati urutan kedua dengan jumlah pengguna sebesar 23 persen.

Fauziah juga membagi sedikit tips dalam berbelanja daring. Paling utama, perhatikan rating bintang toko dan ulasan-ulasan yang sudah diberikan oleh pembeli sebelumnya. "Biarkan bintang yang berbicara karena itu penilaian langsung dari pembeli," ujarnya. Selain itu, selalu diskusikan dengan pemilik toko mengenai barang yang akan dibeli agar tak kecewa saat pesanan tiba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement