Ahad 04 Jun 2017 18:08 WIB

Museum Dr Seuss Hadir di Amerika

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Penulis buku anak-anak Dr Seuss.
Foto: biography
Penulis buku anak-anak Dr Seuss.

REPUBLIKA.CO.ID, SPRINGFIELD -- Dunia yang aneh datang ke Springfield, Massachusetts, ketika museum Dr. Seuss pertama yang permanen di dunia dibuka sejak tanggal 3 Juni. Museum ini akan menampilkan pelbagai karya yang berhubungan dengan Dr. Seuss.

Sebagai bagian dari Springfield Museums, the Amazing World of Dr. Seuss akan didedikasikan untuk kehidupan dan karya penulis cerita anak dan penduduk asli Springfield, Theodore Geisel. Pengunjung dapat belajar tentang kehidupan Geisel dari pameran seperti replika bekas rumahnya dan disainnya yang lucu yang digunakan untuk menggambar di dindingnya.

"Geisel merupakan tentang fakta membaca seharusnya menyenangkan,  walaupun segala sesuatu di sini kurang dari sekedar gagasan untuk belajar, ini benar-benar tentang bisa belajar dan bersenang-senang pada saat bersamaan," kata direktur umum hubungan dan penasaran Springfield Museums Karen Fisk dikutip dari Travel + Leisure, Ahad (4/6).

Di samping itu, dalam museum menampilkan replika Kebun Binatang Springfield tempat ayah Geisel dulu bekerja. Ada pula toko roti Seuss dimana anak-anak dapat membuat kue mereka sendiri berdasarkan tempat kakek buyut Geisel.

Pada bagian lantai satu, pengunjung akan menemukan Readingville, bagian yang didedikasikan untuk buku-buku Geisel yang paling terkenal. Ada Tembok ABC, dengan suara dan seni dari buku tersebut, serta Green Eggs dan Ham WordPlay yang merupakan permainan berirama yang ada di dalam terowongan kereta api. Ada juga Band Whoville Horton, Pohon Truffula dari The Lorax, dan makhluk Wump a Gump yang tercakup dalam kutipan "One Fish, Two Fish, Red Fish, Blue Fish”

"Rasanya seperti Anda berjalan langsung ke buku Dr. Suess," kata Fisk.

Di lantai dua, pengunjung akan menemukan gambar dan pahatan yang tidak pernah ditampilkan sebelumnya, seperti barang-barang pribadi berupa lukisan minyak asli berjudul Emiys. Selain itu ditampilan pula  mainan Theophrastus yang dia dapatkan saat masih kecil dan terus di mejanya sepanjang hidupnya.

Museum Springfield terinspirasi untuk menciptakan kembali dunia Grisel  setelah Taman Nasional Memorial Sculpture milik Dr. Seuss, yang mencakup patung-patung karakter buku dan Seuss, menjadi sangat sukses.

"Orang-orang dari seluruh dunia akan datang untuk melihat patung-patung itu dan selalu bertanya tentang museum dan selama bertahun-tahun kami selalu mengatakan tidak ada satu, tapi tetap yang nomor satu meminta ketertarikan di museum, jadi kami memutuskan untuk membuatnya, "Kata Fisk.

Museum telah mulai beroperasi tanggal 3 Juni dengan sebuah parade pukul 9.00. Tiket yang diberlakukan bisa untuk semua Museum Springfield dengan harga 25 dolar untuk orang dewasa dan $ 11,50 untuk anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement