Ahad 04 Jun 2017 11:01 WIB

Waktu Paling Disukai Belanja Daring Kebutuhan Lebaran

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Belanja daring
Foto: Flickr
Belanja daring

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk belanja daring di bulan Ramadhan, menurut Vice President Marketing ShopBack Indonesia, Inge Kosasih, waktu yang tepat berdasarkan survei yang dilakukan ShopBack adalah waktu menjelang berbuka puasa. Waktu itu diakui responden sebagai waktu yang paling nyaman untuk berbelanja online (56,1 persen). Mereka mengaku berencana untuk belanja daring ketika ngabuburit, dan 43,9 persen mengaku tidak berencana untuk belanja daring ketika ngabuburit.

Sebaliknya hanya sedikit responden yang menyatakan menyukai berbelanja daring di waktu sahur atau sekitar waktu subuh (37 persen). Sisanya 63 persen tidak berencana untuk belanja daring ketika sahur.

Sementara itu, selaras dengan pengakuan responden terkait dengan penggunaan THR sebagai sumber dana utama belanja daring untuk keperluan Lebaran, rata-rata responden (41,6 persen) akan berbelanja mulai dua minggu menjelang Lebaran atau sekitar tanggal 12 sampai 19 Juni 2017. Masa tersebut adalah masa pembagian THR mulai dibagikan oleh rata-rata perusahaan di Indonesia. Sedangkan responden lain mengaku akan mulai berbelanja daring sejak tiga minggu menjelang Lebaran (29,2 persen) atau sekitar tanggal 4 Juni sampai 11 Juni 2017, bahkan ada yang memulainya di empat minggu sebelum lebaran (19,8 persen) atau sekitar tanggal 27 Mei sampai 3 Juni 2017.

Ada juga yang berbelanja pada saat satu minggu sebelum Lebaran (8,4 persen) atau sekitar tanggal 20 Juni sampai 23 Juni 2017), dan hanya sedikit yang berbelanja saat Lebaran atau sekitar tanggal 25 Juni sampai 27 Juni 2017.

Menurut Inge untuk belanja daring, waktu yang tepat belanja saat Ramadhan berdasarkaan survei yang dilakukan pihaknya adalah tanggal 12 sampai 19 Juni 2017, dimana saat itu THR sudah mulai turun dan semua tenant mengeluarkan diskon dan promo mereka.

Vice President Partnership ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha menambahkan untuk belanja daring lebih baik dilakukan sejak minggu Ramadhan kedua  karena biasanya volume meningkat saat Lebaran, khawatirnya barang tidak bisa diterima tepat waktu. Namun lebih baik lagi dilakukan di awal Ramadhan, jika ingin di saat THR turun juga masih keburu. Antisipasi lebih baik dari sekarang ini, karena pengiriman bisa saja terlambat karena volume yang tinggi. Bahkan e-commerce yang satu hari sebelum hari Raya pengiriman sudah setop.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement