Jumat 02 Jun 2017 11:27 WIB

Lima Langkah Sukses Agar Anda Bisa Kaya

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
Orang kaya raya (ilustrasi)
Foto: spdi.eu
Orang kaya raya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Untuk mendapatkan uang, Anda sebenarnya tak perlu terlalu melalui banyak penderitaan. Dikutip dari Independent, Seorang Editor Keuangan NBC, Jean Chatzky mengatakan lima langkah sukses ini harus Anda lakukan secara berulang agar bisa menjadi sukses dan kaya.

1. Anda harus mencari nafkah yang layak

Uang yang Anda dapatkan harus berasal dari tempat yang layak. Tidak perlu berlebihan karena banyak penelitian menunjukkan bukan berapa banyak uang yang Anda peroleh, tapi senyaman apa hidup Anda.

Bagi banyak orang, mencari nafkah yang layak mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi, Anda bisa memulainya dengan mengelola uang yang Anda miliki. Misalnya, menghindari utang, mulai berinvestasi, dan tidak boros.

2. Anda harus hidup sesuai kemampuan Anda

Jika Anda hidup dengan mengeluarkan uang lebih banyak daripada yang Anda dapatkan, ini tentu akan menjadi masalah. Salah satu cara terbaik yakni dengan mendata pengeluaran Anda. Anda perlu tahu kemana saja uang yang akan dialokasikan.

3. Anda harus menabung

Anda harus menabung. Kalau perlu, Anda harus mulai berinvestasi. Pastikan Anda memiliki dana darurat yakni biaya hidup selama enam bulan ke depan. Pastikan pula Anda memiliki dana pensiun sehingga berinvestasi untuk pendidikan anak-anak Anda.

4. Anda harus berpikir ke depan

Anda harus membangun dengan rencana ke depan. Perlu memilikirkan pentingkan asuransi sehingga Anda tidak kaget jika terjadi sesuatu pada diri Anda.

5. Anda harus memberi

Anda harus memberikan kembali apa yang telah Anda peroleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement