Kamis 11 May 2017 12:02 WIB

Menpar Sarankan Makassar Jadi Hub City

Perkampungan nelayan tradisional di Pulau Selayar, Makassar, Sulawesi Selatan. (ilustrasi)
Foto: Republika/Heri Ruslan
Perkampungan nelayan tradisional di Pulau Selayar, Makassar, Sulawesi Selatan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyarankan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Makassar, Mohammar Ramdhan Pomanto, agar mengembangkan Makassar sebagai hub city. Selain menjual destinasi dan atraksi, Kota Angin Mamiri itu disarankan untuk mengembangkan hub pariwisata.

"Gampangnya, nanti menjual potensi Wakatobi melalui Makassar. Termasuk Pulau Selayar, Takabonerate, dan sekelilingnya," ujar Menpar Arief saat meluncurkan 'Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) 2017' di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selasa (9/5).

Makassar nantinya dikembangkan sebagai hub city seperti Singapura, Hong Kong, Dubai, Doha, Abu Dhabi, Islandia dan lainnya. Dalam mendesain kota hub city ini, ada tiga portofolio yang bisa dikembangkan yakni Tourism, Trade, Investment.

''Masuk melalui pariwisata itu paling masuk akal,'' katanya. “Kota Makassar menjadi hub untuk pulau-pulau di sekitarnya. Wisata bahari di sana pasti akan berkembang pesat.''

Contoh Singapura

Sumbang saran pria lulusan ITB Bandung, Surrey University Inggris, dan Program Doktor Unpad Bandung itu terbilang realistis untuk diterapkan oleh Makassar. Singapura, negeri yang tidak lebih besar dari Pulau Samosir di Danau Toba, terbukti bisa sejahtera lantaran sukses menjadi hub transportasi.

Ada puluhan ribu perusahaan asing, baik dari Eropa, Amerika, Asia dan Australia yang memiliki representative office di Singapura. Semua penerbangan dunia mampir ke sana. Setahun ada 15,5 juta wisman yang ke Singapura. Itu belum termasuk 1,5 juga ekspatriat yang menetap di sana.

Dubai juga sama. Ketika harga minyak dan gas dunia terjun bebas dan sulit bangkit, gaya hidup orang di Jazirah Arab masih highest spending.

“Itu karena Kota Dubai didesain untuk services, jadi hub dunia, lalu dibuat atraksi man made dan amenitas yang wah. Tourisme jadi jauh lebih besar dari minyak dan gas. Tourisme bisa 18 persen. Financial service 10 persen. Lalu konstruksi, karena masih terus membangun, itu tembus 13 persen,” kata Menpar Arief Yahya.

Makassar Bisa

Nah, di Indonesia timur, ada Makassar yang bisa didesain seperti Singapura dan Dubai. Kebetulan, secara geografis dan ekonomis, Makassar sudah cocok menjadi hub city.

“Hub itu menjadi interkoneksi. Semua kota yang menjadi hub ternyata kota-kota terkaya di dunia. Itu sudah dipastikan dan sudah tidak perlu didebatkan. Contohnya Singapura, lalu ada Dubai dan Abu Dhabi yang keduanya merupakan hub country yang pendapatan per kapitanya sangat tinggi. Lalu ada Qatar juga,” tutur Menpar Arief Yahya.

Makassar juga bisa didesain sebagai hub city. Caranya, berfikir smart! Menjual Makassar tidak harus dengan menjual Makassar untuk jadi hub.

“Kalau yang terkenal Raja Ampat, jual lah Raja Ampat via Makassar. Jual Wakatobi via Makassar. Jual Morotai via Makassar. Smart people yang baik ya seperti itu. Gunakanlah kekuatan orang lain untuk kepentingan kita. Singapura sangat sadar betul akan hal itu. Pendapatan per kapitanya itu sudah mencapai 50 ribu,” ujarnya.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement