Kamis 27 Apr 2017 20:13 WIB

Diluncurkan, 59 Buku Puisi Esai Daring

Peluncuran 22 buku puisi karya Denny JA.
Foto: istimewa
Peluncuran 22 buku puisi karya Denny JA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruang publik jangan hanya diramaikan oleh politik yang kotor selama Pilkada DKI 2017. Ruang publik perlu disirami dengan puisi agar jiwa kembali bersih.

Begitu kata pendiri Lingkaran  Survei Indonesia (LSI) Denny JA saat meluncurkan 59 buku puisi esai secara daring pada Rabu (26/4). Dalam siaran pers kepada Republika.co.id, Kamis (27/4), menurut Denny, puisi-puisi dalam 59 buku itu bukan berisi puisi biasa. Semua mengekspresikan segala problematika yang terjadi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

"Ada kisah anak yang menangis karena rumah ibadahnya dibakar. Atau tokoh yang puluhan tahun dipenjara ternyata ia tak salah dan dibebaskan. Soal istri yang kaget luar biasa ternyata suaminya teroris. Ada juga cerita soal seorang ayah membawa jasad anaknya dalam gerobag karena tak punya uang untuk dimakamkan, dan lain-lain," ujarnya.

Denny menjelaskan, buku-buku puisi ini ditulis oleh lebih 100 penulis. Mereka, di antaranya berprofesi sebagai penyair, aktivis, wartawan, hingga pengamat sosial yang merekam kondisi bangsa ini. "Di dalam file besar 59 buku itu juga terdapat pula buku polemik puisi esai dan polemik buku 33 tokoh sastra," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement