Rabu 26 Apr 2017 15:28 WIB

Dua Alasan Orang Melakukan Bedah Plastik Kelopak Mata

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Wanita melewati papan iklan yang menawarkan jasa operasi bedah plastik untuk kecantikan di Korea.
Foto: EPA
Wanita melewati papan iklan yang menawarkan jasa operasi bedah plastik untuk kecantikan di Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mata dan kelopak mata mencerminkan kesehatan, kesegaraan dan mempengaruhi penampilan seseorang. Kelopak mata itu sendiri terdiri dari atas dan bawah. Kelopak mata ini kadang ingin diperbaiki dengan berbagai alasan baik alasan tersebut bersifat fungsional ataupun kecantikan.

Operasi kelopak mata atau yang biasa disebut dengan blepharoplasty, bisa dilakukan pada salah satu kelopak mata ataupun di kedua kelopak mata. Hal itu diungkapkan oleh dr. Sidik Setiamihardja, SpB, SpBP selaku Dokter spesialis bedah plastik RSKB Bina Estetika, Menteng.

Menurutnya ada dua hal yang melatarbelakangi dilakukannya operasi kelopak mata, yaitu untuk perbaikan fungsional dan kecantikan. Pada pasien bisa saja terjadi gangguan fungsi bawaan berupa kelopak mata yang tidak dapat terbuka lebar sehingga akan terlihat sipit.

Pertambahan usia juga dapat menyebabkan kulit yang semakin mengendur sehingga dapat menggangu fungsi penglihatan. Hal lainnya yang memerlukan perbaikan fungsional adalah luka pada kelopak mata setelah terkena luka bakar sehingga diperlukan koreksi agar mata dapat kembali berfungsi.

Selain itu, setiap etnis memiliki ciri khas mata tertentu, seperti contoh kelopak mata pada etnis kaukasian. Pada etnis ini, mata lebih lebar, tampak lebih besar, dan ada lipatan kelopak mata. Sementara pada etnis asia, hal-hal tersebut berkebalikan sehingga mendorong untuk dilakukannya operasi kelopak mata.

"Konsultasi dini dengan ahli bedah plastik sebelum dilakukannya tindakan pembedahan merupakan pilihan bijak karena bertujuan untuk menentukan bentuk kelopak mata yang diinginkan," ujarnya.

Tindakan pembedahan dapat dilakukan dibawah pembiusan umum atau di bawah sedasi sadar dimana Anda hanya tidur dangkal kemudian ditambahkan pembiusan lokal di daerah mata. Tindakan operasi dilakukan selama kurang lebih 1,5 jam untuk operasi kelopak mata atas, begitu pula dengan operasi kelopak mata bawah. Anda bisa pulang setelah sadar penuh dari efek pembiusan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement