Rabu 26 Apr 2017 12:10 WIB

Tips Merawat Kendaraan Bermotor Bagi Kaum Hawa

pemeriksaan rutin kendaraan bermotor perlu dilakukan
Foto: dok republika
pemeriksaan rutin kendaraan bermotor perlu dilakukan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di kota besar seperti Jakarta, melihat wanita mengendarai kendaraan roda dua maupun empat sudah menjadi pemandangan biasa. Kelihaian mereka dalam mengendali kendaraan ditengah padatnya lalu lintas sudah patut diacungi jempol. Namun, tidak sedikit diantara mereka yang belum paham mengenai tata cara merawat kendaraan bermotor yang benar. 

"Mungkin karena sibuk, jadi nggak sempat," kata Agung Prabowo, technical specialist PT Pertamina Lubricants, disela diskusi perawatan sepeda motor yang digelar mobil123.com, Selasa (25/4). Menurutnya, merawat kendaraan bermotor tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bagi kaum hawa bisa memulainya dengan memeriksa tekanan angin pada ban kendaraan. Hal itu bisa dilakukan pagi hari sebelum bepergian. Apabila tekanan ban terasa berkurang bisa segera ditambahkan angin pada ban agar kendaraan dapat lebih nyaman melaju.

Bagi kendaraan roda empat pemeriksaan sederhana bisa dilakukan pada cairan yang terdapat di ruang mesin. Seperti air aki, oli, air radiator (coolant), minyak rem dan kopling. Terkadang wanita kurang peduli dengan lampu indikator yang menyala saat kendaraan melaju. Padahal itu peringatan untuk segera dilakukan pemeriksaan. 

Agung juga mengingatkan saat membeli kendaraan bekas jangan tertipu dengan batas kilometer yang rendah. Bisa jadi kendaraan itu jarang digunakan sehingga jarang menjalani servis rutin. Kendaraan yang jarang digunakan akan membuat resiko oli kering dan berkerak. Karena itu yang dapat menjadi acuan adalah rutinitas atau interval servis yang dilakukan. Hal itu bisa diketahui melalui buku servis yang ada pada tiap kendaraan.  

Hal serupa juga dilakukan pada sedepa motor. Menurut Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants perawatan sepeda motor adalah wajib dan mudah dilakukan bagi setiap pemiliki motor agar bisa selalu digunakan setiap saat.  

Setidaknya pemilik menyempatkan servis rutin ke bengkel resmi walau sekedar ganti oli mesin, memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Performa motor ditentukan seberapa apik pemiliknya memperhatikan penggantian oli mesin di samping perawatan baterai. "Ini langkah awal yang harus dilakukan jika kita pecinta motor sejati," kata Arya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement