Senin 10 Apr 2017 06:02 WIB

Berenang Jadi Syarat Kelulusan di Kampus Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Universitas Tsinghua di Cina.
Foto: Wikipedia
Universitas Tsinghua di Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, Universitas Tsinghua, salah satu universitas papan atas di Beijing, Cina, memberlakukan kebijakan baru untuk syarat kelulusan mahasiswa dari kampus tersebut. Mahasiswa yang bersangkutan harus bisa berenang sebelum mereka menyelesaikan pendidikan.

Universitas Tsinghua dikenal sebagai Massachusetts Institute of Technology atau MIT-nya Asia. Persyaratan baru ini diumumkan akhir Maret lalu dan berlaku untuk mahasiswa yang masuk September tahun ini.

Dilansir dari Next Shark, mahasiswa harus bisa berenang di kedalaman minimal 50 meter. Universitas Tsinghua sebetulnya sudah menerapkan aturan tersebut sejak 1910-an, namun sempat dicabut karena jumlah mahasiswa yang mendaftar melonjak taham.

"Mahasiswa yang tidak bisa berenang tidak bisa lulus atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kebijakan ini berakhir karena jumlah mahasiswa yang mendaftar melonjak, sementara fasilitas pendukung masih kurang," kata Direktur Departemen Pendidikan Jasmani Universitas Tsinghua, Liu Bo.

Liu mengatakan pengimplementasian kembali aturan ini memberikan keterampilan bertahan hidup bagi siswa. Ini juga meningkatkan kebugaran fisik mereka.

Pengumuman ini sempat menyulut emosi netizen di Cina. Mereka umumnya mempertanyakan relevansi aturan tersebut.

"Apa jadinya nasib mahasiswa yang mungkin berasal dari wilayah kering yang tidak memiliki pantai atau sungai?" tulis seorang netizen. "Meski itu adalah kampus terkenal, seharusnya tak membuat aturan sewenang-wenang," tulis netizen lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement