Rabu 05 Apr 2017 10:08 WIB

JK Rowling Beberkan Kunci Sukses Menulis Harry Potter

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
JK Rowling
Foto: Reuters
JK Rowling

REPUBLIKA.CO.ID, JK Rowling saat ini mungkin menjadi salah satu penulis terbaik sepanjang masa. Namun, sebelum Harry Potter rilis dan mendunia, Rowling layaknya penulis lain yang harus berjuang untuk meraih kesuksesan itu.

Lalu apa sebenarnya kunci dibalik kesuksesan Rowling saat menulis Harry Potter? Melalui akun Twitter-nya,  @jk_rowling, Rowling menginspirasi dan berbagi tips kepada para followernya tentang apa yang membuatnya sukses menulis Harry Potter.

“Pada awal tahun 90-an, saya sering sekali membutuhkan orang yang memberikan saran dan nasihat seperti ini,” ujar Rowling merespon salah satu pengikutnya di Twiiter. “Yang saya sampaikan ini adalah saran yang baik untuk alasan apapun,” tambahnya.

Rowling kemudian menyampaikan beberapa tips yang ia terapkan selama proses kreatif menulis.

“Bahkan jika ini bukan karya yang memiliki penggemar, Anda akan mendapat pelajaran dari membuat karya itu,” tulisnya. “Hanya karena sebuah karya tidak memiliki penggemar, bukan berarti itu karya yang buruk,” tambahnya.

Menurut Rowling, kedisplininan dalam menyelesaikan karya adalah kebanggaan sejati dari seorang penulis. Dengan demikian penulis tahu bahwa ia mampu menghasilkan karya serta terus mencoba dan mencoba menghasilkan karya lagi. Ia juga menekankan seorang penulis tidak perlu takut jika karyanya mendapat penolakan.

“Mungkin karya Anda yang pertama, kedua, ketiga, keempat, atau kelima adalah yang akan membuat Anda sukses dan menghasilkan pujian. Namun, Anda tidak pernah tahu jika Anda tidak menyelesaikan karya Anda dan menghasilkan karya lainnya (karya lain itulah yang mungkin bisa membuat pembaca tertarik),” tutup Rowling. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement