Rabu 05 Apr 2017 07:29 WIB

10 Orang Jenius Ini Awali Sukses dari Kegagalan

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
JK Rowling
Foto: Time
JK Rowling

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda pernah mengalami kegagalan ketika hendak mencapai sesuatu? Itu cukup menyakitkan tentunya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Tidak terkecuali bagi mereka yang jenius dan kreatif sekalipun.

Jika Anda mau menyadarinya, kesuksesan itu akan muncul setelah Anda mengalami berkali-kali kegagalan sebab dari kegagalan itu pula seseorang dapat belajar dan memperbaiki kekurangannya. Bisa jadi ungkapan kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda benar adanya. Berikut 10 orang berpengaruh yang mengawali kesuksesannya dari kegagalan.

1.  J.K Rowling

Siapa yang tak kenal JK Rowling, penulis yang buku-bukunya digemari banyak orang dari segala usia di seluruh dunia. Penulis novel Harry Potter ini kini dikenal sebagai penulis novel paling terkenal dan terkaya di Inggris. Tidak banyak yang tahu, dulunya Rowling merupakan ibu tunggal yang harus menghidupi anak-anaknya dalam kondisi kekurangan karena pernikahannya yang gagal. Saat hidup kesusahan inilah Rowling mulai bangkit mati-amtian dan mulai menulis sebuah buku yang ceritanya kini dibaca dan ditonton oleh jutaan orang dari seluruh dunia.

2. Vincent Van Gogh

Meskipun Van Gogh sekarang diakui sebagai salah satu pelukis terbesar abad ke-19, ia dulunya hampir tidak dikenal selama hidupnya. Saat meninggal pun kesuksesan bahkan belum menghapirinya dan karya-karyanya tidak dihargai. Saat hidup, hanya satu karyanya yang berhasil dijual. Namun kini, karya asli Van Gogh tidak ternilai lagi harganya. Jika pun dijual satu karya Van Gogh kini dihargai sekitar satu juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement