Selasa 04 Apr 2017 10:07 WIB

Mona Ratuliu Akui Pernah Mengalami Anemia

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Mona Ratuliu
Foto: c34
Mona Ratuliu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mona Ratuliu, wanita cantik yang berprofesi sebagai artis juga presenter ini ternyata pernah mengalami anemia tahun lalu. Hemoglobin atau zat di dalam sel darah merahnya kurang dari normal yaitu hanya 11.

Mona juga mudah lelah. Kala itu penyebabkan karena memang Mona terlalu sibuk bekerja, belum lagi makanan yang dimakan tidak sesuai dengan gizi seimbang. Ia makan seadanya yang disediakan di lokasi syuting. "Kayaknya kebanyakan konsumsinya karbohidrat, proteinnya jarang, yang ada nasi goreng ya nasi goreng, yang disediain di lokasi, kadang-kadang malah skip-skip jam makan juga. Mungkin terutama karena kekurangan zat besi," jelasnya kepada wartawan dalam acara Perayaan Nasional Indonesia Bebas Anemia yang diselenggarakan oleh Merck, di TMII, Jakarta akhir pekan lalu.

Selain itu, Mona juga mengaku jarang berolahraga kala itu. Jadi pola hidup yang tidak sehatlah yang membuatnya anemia. Mona juga mengaku salah satu penyebab ia mengalami anemia adalah berbagai diet.

Baca juga: Anemia Bisa Disebabkan oleh Cacing dan Malaria

Akhirnya dia merubah pola hidupnya dengan pola makan seimbang, rutin berolahraga. "Waktu itu langsung cek, sebelumnya dibawah 12, langsung naik jadi 13. Waktu itu langsung donor darah juga. Sebenarnya karena kekurangan zat besi juga ya penyebabnya, begitu dirubah pola hidupnya, jadi oke banget," ujarnya.

 

Ketika anemia, Mona mengaku kesulitan mengurus keluarganya. Namun setelah anemianya sembuh, ia mengaku segar kembali. Sampai di rumah masih punya energi buat keluarga. "Saya memang cepat capek karena aktivitas banyak, anak banyak juga. Jadi sayang kalau sampai rumah, tidak punya energi yang tersisa buat keluarga. Setelah tidak anemia, HB juga sudah seimbang, jadi lebih segar lagi, sampai rumah masih ada energi buat keluarga," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement