Sabtu 25 Mar 2017 15:02 WIB

Peluang Bisnis Agen Properti tanpa Modal

Pengunjung melihat-lihat properti dan funitur di salah satu stan pameran.
Foto: Republika/Mahmud Muhydin
Pengunjung melihat-lihat properti dan funitur di salah satu stan pameran.

REPUBLIKA.CO.ID, Bisnis properti adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak? Kebutuhan masyarakat akan properti semakin meningkat saja dari tahun ke tahun. Hal inilah yang menyebabkan proses industri di Indonesia berkembang pesat. Pengembang pun gencar melakukan pembangunan gedung di mana-mana khususnya di wilayah yang terkenal padat penduduknya seperti Jakarta.

Meningkatkan permintaan masyarakat akan properti ternyata mendatangkan keuntungan tersendiri bagi orang yang pintar menilik peluang usaha yang ada. Berkembangnya bisnis ini juga menjadi keuntungan tersendiri bagi agen-agen properti.

Pekerjaan menjadi agen properti juga sangat menjanjikan. Apalagi jenis pekerjaan ini tidaklah membutuhkan modal yang besar. Bahkan ada juga agen properti yang sama sekali tidak menggunakan modal sepeser pun ketika menjalankan bisnis ini. Apa bisa? Mungkin itulah pertanyaan yang tebersit di pikiran Anda.

Untuk lebih lanjutnya, mari simak strategi menjadi agen properti yang menguntungkan:

Miliki Ilmu Broker

Pekerjaan menjadi seorang agen properti memiliki kemiripan dengan seorang broker. Secara sederhana digambarkan bahwa agen properti adalah seseorang yang bekerja sebagai perantara yang menghubungkan antara si pemilik properti dengan calon pembeli yang meminati properti tersebut.

Sebagai perantara, Anda harus bisa meyakinkan calon pembeli bahwa properti yang ini memang yang dibutuhkan dan memiliki prospek yang baik beberapa tahun kemudian.

Untuk bisa menguasai ilmu broker, Anda tidak diharuskan untuk mengikuti sekolah atau kursus dalam bidang ini. Saat ini sudah banyak sumber yang bisa dijadikan referensi untuk menambah ilmu bagaimana agar bisa menjadi seorang broker yang sukses. Menjadi agen properti akan semakin menguntungkan bagi Anda jika mampu menarik banyak konsumen untuk membeli sebuah properti. Semakin banyak calon pembeli yang melakukan pembelian melalui Anda, maka komisi yang diterima akan semakin besar, dan sebaliknya.

Bagaimana caranya mendapatkan komisi? Tentu saja dengan mengurangkan harga dari penjual properti dengan harga yang ditetapkan. Selisih antara keduanya akan menjadi pendapatan bagi Anda. Dengan demikian, Anda bisa menetapkan target keuntungan yang diinginkan. Tetapi jangan menetapkan harga yang terlalu tinggi, nanti calon pembeli bakal lari kepada agen properti lainnya.

Memperluas Relasi

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain. Hal inilah yang membuat manusia harus bisa menjalin relasi dengan sesamanya agar bisa bertahan hidup. Sama halnya dengan berbisbis, Anda juga harus bisa membangun jaringan yang luas agar peluang menjadi agen properti yang sukses akan semakin terbuka lebar. Dalam hal ini, Anda perlu membangun relasi dengan orang yang ingin menjual properti juga mencari relasi dengan orang yang sedang mencari-cari properti.

Bisnis properti memang sangat tepat jika dijalankan oleh orang yang mudah bergaul dan pandai dalam bersosialisasi dengan orang banyak. Bisnis ini akan semakin bisa dijalankan tanpa modal sekalipun jika Anda memiliki ruang lingkup pertemanan yang tergolong luas. Juga perlu diingat, untuk bisa sukses juga harus bisa menjadi orang yang dipercayai orang lain alias tangan kanan mereka. Dengan demikian Anda akan semakin mudah untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Buat Nama Agen Properti

Ilmu broker oke, relasi juga oke. Tapi akan tidak berarti jika Anda tidak memiliki nama khusus untuk merek usaha yang sedang dijalankan. Untuk semakin meyakinkan bahwa Anda adalah agen properti terpercaya, maka Anda perlu mencantumkan nama perusahaan agen properti Anda. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya kasus penipuan yang terjadi dengan mengatasnamakan bahwa dirinya berasal dari agen properti yang ini dan itu hanya untuk meraup keuntungan semata.

Merek usaha yang dipakai menunjukkan spesifikasi Anda bergerak pada bidang properti yang mana, apakah itu rumah, tanah, gedung, atau sebagainya. Fokuslah pada satu bidang properti. Semakin fokus, maka Anda akan semakin mudah untuk mengembangkan bisnis ini dan klien akan semakin percaya kepada Anda sehingga mereka banyak memakai jasa agen properti Anda.

Lakukan Promosi Secara Maksimal

Itulah beberapa strategi yang bisa dilakukan jika berniat menjadi agen properti namun tidak memiliki modal. Sangat mudah, bukan? tapi jangan lupa, Anda juga perlu melakukan promosi agar nama agen properti Anda dikenal oleh banyak orang. Karena promosi adalah hal terpenting dalam melakukan usaha. Selamat mencoba.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement