Ahad 12 Mar 2017 21:18 WIB

Berburu Suvenir Berbahan Tembaga di Telkom Craft Indonesia

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Maman Sudiaman
Menteri BUMN Rini Soemarno melihat produk UKM dalam pameran Telkom Craft Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (10/3).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri BUMN Rini Soemarno melihat produk UKM dalam pameran Telkom Craft Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (10/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai kerajinan tangan asli dari daerah di Indonesia meramaikan gelaran Telkom Craft Indonesia yang diadakan di Jakarta Convention Center sejak 10 hingga 12 Maret 2017. Salah satu kerajinan tangan yang diminati yaitu produk dari bahan tembaga.

Deretan produk tembaga mulai dari aksesori wanita, seperti bros, hiasan untuk mempercantik gelas, stoples, hingga produk home decor tersusun rapi di beberapa stan kerajinan. Stan Mandiri Art Shop milik Triyono contohnya.

"Produk tembaga disini diperuntukkan untuk mempercantik alat-alat keperluan rumah tangga seperti pengikat serbet, cangkang gelas, stoples," kata Triyono kepada Republika baru-baru ini.

Dilihat dari segi motif, produk tembaga milik Triyono terbilang cukup unik. Produk Triyono didominasi motif dengan konsep tradisional seperti ukiran batik dan motif wayang sehingga memikiki kesan antik.

Selain itu, pemilihan warna coklat, silver, dan emas membuat produk tembaga Triyono tampak elegan. Proses finishing dengan chrome nikel juga menjadikan warna produk tembaga Triyono menjadi tahan lama dan tidak luntur.

Menurut Triyono, barang kerajinan yang diproduksi di Yogyakarta ini dibuat langsung oleh pengrajin tembaga secara manual dengan dipahat menggunakan alat pahat dan palu. Ini pula yang membuat guratan ukiran pada produknya tampak halus.

Triyono membanderol produk tembaganya mulai dari Rp 50 ribu untuk ukuran aksesoris hingga Rp 400 ribu untuk produk ukuran home decor. Di galerinya yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Triyono melayani pemesanan produk dengan design custome.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement