Senin 06 Mar 2017 06:46 WIB

Cara Mengatur Penyimpanan Makanan dengan Tepat di Lemari Es

Rep: Gita Amanda/ Red: Esthi Maharani
Makanan yang disimpan di kulkas.
Foto: Flickr
Makanan yang disimpan di kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengatur penyimpanan makanan atau minuman di lemari es bukan hanya membuat kulkas terlihat rapi, melainkan juga bisa membuat makanan atau minuman bertahan lebih lama. Dilansir The Independent, pengorganisasian lemari es dengan benar bisa menghasilkan limbah yang sedikit dan dengan demikian lebih banyak uang dalam saku terselamatkan.

Berikut adalah cara untuk mengatur makanan dan minuman di lemari es:

Laci di bagian bawah

Sayuran mentah, salad dan buah sebaiknya disimpan dalam kompartemen terpisah. Sebab beberapa buah-buahan mengeluarkan gas yang mempercepat pematangan. Jangan menyimpan bumbu dan daun di lemari es bagian belakang karena akan cepat membeku.

Rak bawah

Ini untuk daging mentah dan ikan. Ini merupakan bagian terdingin dari kulkas yang menjaga makanan agar tetap segar. Menyimpan makanan mentah di sini juga dapat mencegah kontaminasi silang. Jika menyimpan makanan mentah ditempat lebih tinggi, ada risiko itu bisa menetes ke bawah ke makanan lain.

Rak Tengah

Rak ini merupakan tempat bagi produk susu dan telur. Pastikan menyimpan yoghurt dalam posisi tertutup dengan baik untuk mengunci kesegaran dan mencegah bakteri masuk.

Rak atas

Makanan yang sudah dimasak. Item-item makanan yang tidak perlu lagi dimasak seperti daging dan sisa makanan, harus disimpan di rak atas lemari es. Di sini suhu paling konsisten.

Pintu

Makanan dengan pengawet alami bisa disimpan di pintu lemari es. Sebab di sini suhunya fluktuasi sehingga paling baik untuk menjaga produk seperti bumbu dan jus. Sementara susu tidak boleh disimpan di sini, tapi mentega dan keju lunak boleh di simpan dibagian kulkas ini.

Panduan Good Housekeeping ini juga menunjukkan bahwa penting untuk membersihkan dan mencairkan kulkas secara teratur juga.

Buah-buahan dan sayuran yang mengeluarkan gas seperti alpukat, pisang, nektarin, persik, pir, plum dan tomat sebaiknya disimpan di luar lemari es untuk mencegah pembusukan dini. Jangan simpan roti di kulkas sebab akan membuatnya kering.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement