Jumat 10 Feb 2017 20:50 WIB

Lima Kiat Sukses Bisnis Waralaba Bagi Pemula

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Pebisnis muda. Ilustrasi
Foto: CNN
Pebisnis muda. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Secara prinsip, bisnis adalah mengelola risiko dan mengubahnya menjadi keuntungan. Bagi seorang pemula yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis, bisnis waralaba dianggap sebagai cara aman untuk memulai karena tidak harus menyiapkan segalanya dari nol.

Bisnis waralaba hampir pasti menguntungkan lantaran produk dan strategi penjualan telah disiapkan oleh pemilik bisnis tersebut atau franchisor. Anda tinggal menyiapkan modal dan melanjutkannya. Tentu saja dengan panduan dari franchisor.

Namun, jika tak pintar mengelola risiko, berarti kerugian yang akan Anda dapatkan, begitupun bisnis ini. Pada dasarnya bisnis waralaba hanyalah sebuah sistem pemasaran yang dilakukan oleh pemilik untuk memperluas pasar bisnisnya. Dilansir laman CNN, untuk sukses di bisnis ini, Anda perlu mempelajari beberapa tips mengelola franchise tersebut antara lain:

Pemilihan lokasi

Pastikan lokasi harus benar-benar strategis. Hal ini untuk memudahkan promosi usaha Anda. Jika usaha Anda online, pastikan Anda ikut menggunakan marketplace yang punya trafik tinggi seperti tokopedia.com dan bukalapak.com.

Bagi para pemula, sebaiknya bergabunglah dengan bisnis waralaba yang berada di sekitar rumah Anda, setidaknya dalam satu Kabupaten sehingga memudahkan dalam konsultasi bisnis dan kendala yang dihadapi. Sekaligus memudahkan kontrol dan efisiensi biaya.

Pilih waralaba yang mudah dijalankan dan dipelajari

 Sebagai pemain baru di bisnis yang akan Anda tekuni, maka Anda harus belajar mengenal produk tersebut.  Awali usaha Anda dari yang mudah terlebih dahulu baru menjalankan yang rumit. Bisnis waralaba yang mudah adalah bisnis yang tidak terlalu banyak menyita waktu dan juga pikiran.

Harga terjangkau

Pilih bisnis waralaba dengan harga terjangkau supaya Anda bisa kontrol risiko dengan mudah. Harga terjangkau identik dengan risiko yang terkontrol. Prinsipnya jangan sampai Anda menjalankan usaha yang berisiko sehingga saat sekali saja Anda gagal langsung bangkrut akibat mahalnya bisnis yang Anda jalankan. Karena itulah Anda harus mencari bisnis waralaba yang mana harga produknya terjangkau oleh semua kalangan.

Produk favorit

Supaya mudah dalam memasarkan, pilih bisnis waralaba yang banyak dicari konsumen. Bisnis yang banyak dicari orang akan memudahkan dari sisi pemasaran. Salah satu jenis bisnis waralaba yang saat ini banyak dicari oleh konsumen adalah bisnis waralaba makanan. Makanan paling banyak dicari karena setiap hari setidaknya kita 3x makan. Hampir di seluruh sudut kota pasti ada bisnis kuliner. Silahkan survey jenis dan model makanan yang laris di pasaran.

Pelayanan dan proses mudah

Pilih bisnis waralaba dengan pelayanan baik dan proses yang mudah. Dalam memulai usaha waralaba, jangan asal pilih yang penting murah, namun pastikan Anda bergabung dengan para pemilik bisnis waralaba yang memberikan pelayanan prima, misalnya saja seperti garansi barang atau produk, pelayanan atau informasi yang baik pada Anda, pelatihan atau kursus dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan bisnis waralaba sehingga Anda merasa sangat terbantu dalam menjalankan bisnis tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement