Rabu 25 Jan 2017 13:07 WIB

Saat Usia 30, Ini Banyaknya Uang yang Harus Disimpan

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Menabung
Foto: corbis.com
Menabung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat menjadi mahasiswa tentu banyak tekanan yang Anda hadapi. Terutama dalam segi keuangan. Kita dibebankan dengan biaya kuliah, sewa kontrakan, biaya makan dan kehidupan sehari-harinya. Tak sedikit mahasiswa kemudian mencari kerja sambilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi rasanya masih sulit untuk menabung.

Saat memasuki dunia kerja pun banyak kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Terkadang gaji pas-pasan membuat kita juga sulit menabung. Bahkan ada laporan berkurangnya jumlah orang yang berusia di bawah 30 tahun yang membeli rumah dan memiliki paket pensiun. Mereka terpaksa harus menunggu uang terkumpul.

Jadi sebenarnya berapa sih idealnya uang yang ditabung bagi Anda yang berusia dibawah 30 tahun? Bagaimana cara untuk menyimpan uang tersebut?

Menurut seorang ahli uang, pada usia 30 tahun Anda harus memiliki tabungan sebanyak enam bulan biaya hidup.

"Saya pikir tujuan pada usia berapa pun adalah untuk sampai ke titik memiliki tabungan sebanyak enam bulan dari biaya hidup. Diakui, itu lebih sulit di usia dua puluhan, tapi itu adalah waktu yang baik untuk memulai," jelas Kelly Smith, penulis untuk The Penny Horder, kepada Attn seperti dilansir dari laman Independent, Rabu (25/1).

Survei terakhir dari Kantor Statistik Nasional mengenai pengeluaran rumah tangga menempatkan angka rata-rata, termasuk sewa, pada 531 poundsterling atau sekitar Rp 8,8 juta per minggu. Jadi, jika Anda harus memiliki tabungan enam bulan biaya hidup maka tabungan yang harus Anda miliki sekitar  13.800 poundsterling atau sekitar Rp 200 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement