Sabtu 21 Jan 2017 09:03 WIB

Melihat Tren Design Interior Tahun 2017

Desain Rumah (Ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Desain Rumah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menata interior rumah sesuai keinginan tentu akan memberi kenyamanan tersendiri. Jika Anda sedang mencari inspirasi desain interior rumah, ada baiknya melihat informasi tren yang sedang berkembang saat ini.

Sama dengan industri fesyen, desain interior juga memiliki perubahan tren.

"Di tahun 2017, konsep desain hunian akan lebih fokus pada keseimbangan hubungan manusia dan alam. Dengan tetap mengedepankan aspek estetik, di tahun ini desain interior rumah akan memprioritaskan aspek ramah terhadap lingkungan," ujar Fanny Natasya, Design Director E&U dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/1).

Fenomena ini, dikatakanya, terutama bagi yang tinggal di kawasan perkotaan karena keterbatasan ruang hunian akibat makin padatnya populasi dan sempitnya lahan. Di samping itu, kenaikan suhu lingkungan merupakan tantangan untuk menciptakan konsep hunian yang nyaman.

"Desain yang ramah lingkungan akan berorientasi pada pemilihan material yang minim dampak lingkungan dan efisien dalam penggunaan listrik," kata dia.

Lalu seperti apa konsep hunian yang ramah lingkungan?

Pertama adalah ruang dengan konsep terbuka (open floor plan). Konsep desain ini menghilangkan batas atau sekat antarruang sehingga dapat memberikan kesan lega karena ekspos cahaya matahari luar ke seluruh penjuru ruangan. Selain itu dapat menciptakan sirkulasi udara yang bagus sehingga rumah terasa lebih sejuk meski tanpa pendingin ruangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement