Kamis 19 Jan 2017 14:32 WIB

Bedanya Konser Pelantikan Trump dan Obama

Musisi country Toby Keith
Foto: AP
Musisi country Toby Keith

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Seperti sudah tradisi, gelaran atau konser musik menjadi salah satu suguhan yang memeriahkan momen pelantikan presiden baru di Amerika Serikat. Tak terkecuali untuk pelantikan Donald Trump sebagai orang nomor satu di AS, Jumat (20/1) waktu setempat.

Dalam pesta inaugrasi bertajuk “Make America Great Again! Welcome Celebration,” gelaran musik untuk pelantikan Trump rencananya mulai disajikan di Lincoln Memorial. Panitia acara tersebut sudah merilis daftar artis dan musisi yang akan tampil.

Di antara daftar tersebut, muncul nama musisi kawakan Sam Moore (dari duo Sam and Dave) band pelantun 'Kryptonite' 3 Doors Down, musisi country peraih pengargaan AMA Toby Keith, hingga kontestan "America's Got Talent" Jackie Evancho.

Memang, sejumlah penampil ini terkenal memiliki prestasi. Namun, nama-nama itu masih dianggap kurang 'menggigit' untuk sebuah acara sebesar pelantikan Presiden. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan konser pelantikan presiden AS sebelumnya, Barack Obama.

Saat Obama dilantik pertama kali pada 2009, misalnya, banyak musisi papan atas ikut tampil memeriahkan acara. Selain penyanyi legendaris Aretha Franklin, Obama juga berhasil menghadirkan Bruce Springsteen, Beyoncé, Kelly Clarkson, James Taylor, Jon Bon Jovi, hingga Brooklyn Tabernacle Choir.

Empat tahun kemudian, saat Obama kembali terpilih dan dilantik, daftar penampil yang hadir juga tak kalah bikin heboh. Sebut saja megabintang Alicia Keys, Brad Paisley, John Legend, Maná, Smokey Robinson, band Soundgarden, hingga musisi legendaris Stevie Wonder berada di antara daftar nama penampil.

Kurangnya musisi 'papan atas' di rangkaian acara pelantikan Trump telah menjadi sorotan media massa sebulan ini. Apalagi setelah sejumlah musisi dan artis ternama seperti Elton john, David Foster, Charlotte Church dan Rebecca Ferguson, Moby, 2 Chainz, The Beach Boys, dan Ice-T secara publik menyatakan mereka telah diminta untuk tampil dalam acara Trump, namun menolaknya.

Sejumlah kabar juga menyebut penyanyi Celine Dion, Andrea Bocelli dan band Kiss telah diminta untuk tampil. Namun, mereka juga menolaknya karena karena alasan tertentu.

Berikut daftar lengkap musisi dan artis yang akan tampil memeriahkan pelantikan Trump, atau dalam salah satu acara yang menjadi rangkaiannya, seperti dikutip dari Forbes:

3 Doors Down

Toby Keith

Chrisette Michele

Lee Greenwood

Jackie Evancho

Big & Rich

Tony Orlando

the Rockettes

the Mormon Tabernacle Choir

The Piano Guys

Sam Moore (of the duo Sam & Dave)

Tim Rushlow

The Frontmen of Country

Travis Greene

DJ Ravidrums

the Talladega College Tornado Marching Band

sumber : Forbes
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement