Selasa 17 Jan 2017 15:46 WIB

Jasa Pembersih Online, Solusi Sehabis Mudik

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas jasa pembersih online Go-Clean, yang disediakan oleh aplikasi Gojek
Foto: Go Clean
Petugas jasa pembersih online Go-Clean, yang disediakan oleh aplikasi Gojek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hal yang tidak pernah absen dilakukan sepulang dari mudik atau bepergian jauh adalah membersihkan rumah berdebu yang sudah lama ditinggalkan. Namun, aktivitas bersih-bersih rumah ini seringkali tertunda karena fisik yang sudah lelah selama perjalanan pulang.

Hal tersebut dialami pula oleh Anggia Putri. Pada kondisi ini, jasa pembersih online menjadi solusi yang dipilih Anggia untuk membersihkan rumah kontrakannya yang berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

"Waktu itu teman-teman satu kontrakan juga baru pulang mudik lebaran. Jadi kami memutuskan pesan jasa pembersih online karena kami semua masih capek," kata Anggia, Sabtu (14/1).

Anggia dan teman-temannya merasa terbantu dengan adanya jasa ini. Meski bersih-bersih tidak hanya dapat dilakukan dalam satu hingga dua jam saja, menurut Anggia biaya yang mereka keluarkan cukup murah karena patungan.

Tarif yang dipasang untuk menggunakan jasa pembersih online seperti Go-Clean pada aplikasi Gojek adalah sebesar Rp 45 ribu per jamnya untuk satu petugas. Anggia menilai hasil pekerjaan yang dilakukan petugas pembersih online itu pun cukup memuaskan.

Yang lebih menguntungkan lagi bagi Anggia, ia tidak perlu menyiapkan peralatan bersih-bersih karena para petugas bekerja dengan alat-alat yang mereka bawa sendiri. Namun, menurut Anggia, untuk hasil maksimal memang pantauan langsung dari pemilik rumah tetap harus diperlukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement