Jumat 13 Jan 2017 18:43 WIB

Ungkapan Kasih Sayang Ibarat Cokelat

Rep: Novita intan/ Red: Andi Nur Aminah
Kasih sayang harus selalu dijaga dan dipupuk agar bisa berkembang.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kasih sayang harus selalu dijaga dan dipupuk agar bisa berkembang.

REPUBLIKA.CO.ID, Ingatkan Anda, kapan terakhir kali mengekspresikan kasih sayang ke orang terdekat? Bukan hanya ke pasangan, mengekspresikan kasih sayang ke orang-orang sekitar kita, seperti ke orang tua, kakak atau adik dan sahabat ternyata juga sama pentingnya.

Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Bona Sardo mengatakan ungkapan kasih sayang ibarat cokelat. Di mana sel-sel otak menerima pasangan rangsangan terhadap ungkapan kasih sayang sama seperti saat kita menerima cokelat.

"Keduanya memunculkan hormon endorfin yang memberikan rasa senang dan nyaman. Ungkapan kasih sayang sebaiknya diberikan kepada banyak orang, tidak terbatas pada pasangan," ujar Bona saat acara 'Peluncuran Kampanye DOVE Chocolate' di Bonobo Event Space & Bar, Jakarta, Kamis (12/1).

Menurut Bona, pada prinsipnya ungkapan kasih sayang dapat memberikan pengalaman positif ke orang-orang terkasih karena akan berdampak pada kesejahteraan psikologis. Seseorang yang hidupnya dipenuhi kasih sayang memiliki kehidupan lebih positif, lebih bahagia, percaya diri dan lebih nyaman.

"Ungkapan kasih sayang menjadi kebutuhan primer paling dasar karena memiliki dampak luas sekali, khususnya untuk anak-anak," jelas dia.

Dengan melihat efek luas dari ungkapan kasih sayang, PT Mars Symbioscience Indonesia lewat salah satu brand-nya Dove Chocolate meluncurkan 'Kasih Sayang, Kasih Dove', sebuah kampanye yang mengajak masyarakat untuk lebih terbiasa mengekspesikan kasih sayang. Ekspresi kasih sayang itu bukan hanya ke pasangan, tetapi juga ke orang tua, kakak atau adik dan sahabat.

Country Marketing Manager Mars, Gemita Pasaribu mengatakan ekspresi kasih sayang memberikan manfaat dalam memperat hubungan emosional dengan orang-orang sekitar. "Melalui kampanye Kasih Sayang, Kasih Dove yang diluncurkan menjelang hari Kasih Sayang, kami ingin menyampaikan bahwa mengekspresikan kasih sayang ke orang tua, kakak atau adik dan sahabat sama pentingnya dengan mengekspresikan kasih sayang ke pasangan, karena akan memberikan aura positif untuk sekeliling kita," papar Gemita.

Selain melalui ucapan, kasih sayang juga terasa istimewa jika diekspresikan dengan cara lain, seperti pemberian hadiah. Bersama kampanye ini, Dove Chocolate juga meluncurkan kemasan produk khusus, yaitu kemasan kaleng berbentuk lambang hati yang dapat menjadi pilihan hadiah istimewa untuk orang terkasih sebagai bentuk ekspresi kasih sayang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement