Jumat 13 Jan 2017 08:42 WIB

Tips Merawat Hewan Peliharaan yang Sudah Tua

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Kucing
Foto: Youtube
Kucing

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap manusia bertambah tua, begitu pula hewan peliharaan kesayangan. Jika kebetulan hewan peliharaan telah mencapai 'tahun senior', berikut daftar saran untuk menjaga mereka bahagia dan sehat selama mungkin.

Beri makanan dengan gizi seimbang

Bertambahnya usia membuat hewan peliharaan semakin membutuhkan makanan sehat yang mengandung vitamin, mineral, serta6 omega 3, 6 dan 9 untuk tulang dan sendi. Coba kunjungi situs perawatan hewan untuk mendapatkan informasi yang tak dimiliki toko-toko makanan hewan.

Porsi makan tepat

Berikan porsi makan tepat agar teman kecil Anda tidak mengalami kelebihan berat badan. Pasalnya, lemak ekstra bisa menyebabkan stres yang tidak perlu pada tubuh hewan peliharaan Anda, terutama pada sendi dan organ internal.

Ajak ia bergerak

Meski kecepatan mereka melambat, bukan berarti mereka tidak lagi membutuhkan aktivitas gerak. Ajak hewan peliharaan Anda berjalan-jalan untuk menghirup udara segar atau bermain dalam ruangan yang akan membuat pikiran mereka tetap aktif.

Berkunjung ke dokter

Pemeriksaan rutin ke dokter hewan dapat mencegah masalah kesehatan ringan sebelum levelnya meningkat. Idealnya, lakukan kunjungan ke dokter hewan setidaknya enam bulan sekali.

Perawatan gigi

Jangan lupa menjadwalkan pembersihan mulut tahunan di dokter hewan guna memastikan kondisi gigi dan gusi hewan peliharaan Anda sehat. Jangan anggap sepele karena menumpuknya plak akan mencetus radang gusi yang berpotensi membuat bakteri mencapai aliran darah, bahkan menyebabkan kerusakan besar di organ internal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement