Rabu 11 Jan 2017 16:23 WIB

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Apartemen

Membeli apartemen.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Membeli apartemen.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain rumah, apartemen adalah alternatif lain yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk tinggal. Apartemen biasanya berukuran kecil dan memiliki keterbatasan ruangan. Untuk masyarakat kalangan menengah ke atas, apartemen masih menjadi pilihan favorit karena dorongan perubahan gaya hidup masyarakat saat ini.

Tingkat kemacetan yang sangat tinggi membuat banyak orang enggan untuk membeli hunian di pelosok atau yang jaraknya jauh dari kantor karena kemacetan membuat waktu pergi dan pulang kantor menjadi tidak efisien lagi. Untuk menyiasati hal ini, banyak orang yang memilih untuk pindah ke kota dan bertempat tinggal di apartemen yang jaraknya tak jauh dari kantor.

Fasilitas yang ditawarkan juga sangat menggiurkan yang membuat penjualan apartemen semakin laris manis saja bak jual bahan kebutuhan pokok. Akan tetapi, jangan langsung mudah tergiur akan satu fasilitas yang ditawarkan. Perhatikan juga developer atau penyedia jasa jual beli apartemen agar Anda tidak tertipu nantinya.

Bermimpi untuk segera memiliki apartemen? Perhatikan hal berikut ini sebelum membelinya.

Lokasi Apartemen

Jangan jadikan harga yang murah hanya sebagai prioritas utama tanpa memperhatikan lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis bisa Anda ukur melalui kemudahan akses yang diberikan misalnya kemudahan akses jalan tol, dekat dengan pusat-pusat kota, daerah perkantoran, fasilitas umum seperti mesin ATM, bank, rumah sakit, supermarket atau mal, dan lain sebagainya.

Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak saat membeli apartemen jika fasilitas yang didapatkan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Toh apartemen yang berada pada lokasi strategis memiliki harga jual yang lebih tinggi nantinya daripada yang berada pada lokasi “pedalaman”. Apartemen yang ramai dihuni akan meningkatkan nilai jualnya yang membuat nilai investasi Anda naik.

Harga

Jangan malu bertanya pada developer terkait harga yang mereka tawarkan untuk satu unit apartemen. Harga perlu ditanyakan untuk mengetahui apakah dana yang Anda miliki cukup atau tidak untuk membeli sebuah apartemen. Bertanya tentang harga juga menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, mengapa? Karena developer akan sekaligus menjelaskan terkait fasilitas yang akan Anda dapatkan dengan harga tersebut. Voucher promo juga bisa Anda dapatkan saat peluncuran apartemen.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement