Senin 02 Jan 2017 10:45 WIB

Pentingnya Menyadari Kekurangan Diri dan Menyesuaikan Visi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Tampak dua orang pria merayakan kesuksesan dengan bertepuk tangan.
Foto: corbis
Tampak dua orang pria merayakan kesuksesan dengan bertepuk tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Hal paling menjengkelkan adalah melihat seseorang bertahan dengan pendapatnya sendiri tanpa melihat masukan dari orang lain. Anda mungkin saja produktif, cerdas, pekerja keras, namun tetap saja setiap orang memiliki kekurangan.

Menyadari kekurangan diri dan bersedia menyesuaikan visi demi tercapainya tujuan adalah kunci sukses dalam hidup dan pekerjaan. Kompromi adalah salah satu cara mencapai keberhasilan dan berikut adalah kunci mencapai kesuksesan tersebut, dilansir dari Enterpreneur, Senin (1/1).

Keluar dari dunia sendiri

Masing-masing orang suka hidup di dunianya sendiri, sehingga membuatnya kerap membenarkan diri sendiri. Segala sesuatu Anda lihat dari perspektif Anda. Jika satu menit saja Anda mau keluar dari dunia Anda dan melihat suatu masalah dari perspektif lain, Anda akan mendapatkan pembelajaran.

Sikap terbuka, bersedia menerima wawasan baru membuat Anda keluar dari kungkungan yang membatasi dunia Anda. Ini juga menjadi kunci sukses dalam hidup dan bekerja.

Ini jauh lebih mudah melihat keburukan orang lain daripada memahami diri sendiri. Dalam berbisnis, Anda tak bisa melakukan hal itu. Anda harus mempercayakan atau membagi beberapa hal pada orang lain, mulai dari mengelola keuangan, menentukan tujuan jangka panjang, menjalankan perusahaan, dan sebagainya.

Memberi dan menerima masukan

Sering kali orang segan mengatakan sesuatu pada rekan kerja karena takut salah paham. Ini hanya menimbulkan rasa canggung dan tidak nyaman hanya karena takut semua berdampak pada hubungan rekan kerja.

Interaksi saling memberi dan menerima saran sangat penting untuk menutupi kekurangan diri. Masukan itu perlu disampaikan dan direspons dengan tulus, rendah hati, dan penuh rasa hormat.

Saran orang lain mungkin saja menawarkan harapan dan imbas positif pada sudut pandang Anda. Anda bisa menanyakan orang lain bagaimana pendapat mereka tentang Anda.

Terbuka dan adaptif

Pekerjaan memang membutuhkan keteguhan, fokus, dan ketegasan. Ini adalah keseimbangan. Meski demikian, Anda jangan sampai kehilangan sifat terbuka. Sifat terbuka dan mudah beradaptasi membuat Anda menemukan kebenaran dari orang lain.

Hidup dan menjalankan usaha dengan rendah hati dan terbuka membuat wawasan Anda lebih luas. Gagasan dari orang lain bukan sekadar konsep yang cukup didengar, dipahami, kemudian dilupakan. Itu bisa digunakan untuk berevolusi dan memuluskan jalan menggapai impian Anda. Menemukan keterbatasan diri dan berniat mengubahnya adalah hal terbaik. Ini adalah kunci sukses dalam bisnis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement