Selasa 20 Dec 2016 14:59 WIB

Oleh-Oleh Khas yang tak Boleh Dilewatkan Saat di Makassar

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
Kopi toraja.
Foto: Torajaparadise.com
Kopi toraja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbelanja oleh-oleh menjadi aktivitas yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur ke beberapa daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya ketika berlibur ke Makassar, Sulawesi Selatan. Selain banyak lokasi wisata alam yang indah, oleh-oleh khas Makassar pun tidak kalah menarik untuk diburu.

3 Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Makassar

Berikut ini beberapa jenis oleh-oleh khas Makassar yang bisa dijadikan buah tangan untuk di bawa pulang.

Kopi Toraja

Belum ke Makassar namnya jika tidak membawa oleh-oleh kopi Toraja asli dari tanah asalnya. Kopi Toraja merupakan salah satu oleh-oleh andalan yang hampir tidak pernah luput dari incaran wisatawan terutama bagi mereka pecinta kopi. Kopi Toraja terkenal dengan baunya yang begitu halus serta dengan rasanya yang nikmat. Ada tiga jenis pilihan kopi toraja yang bisa dibawa pulang yaitu arabica, spesial blend maupun robusta.

Minyak tawon

Setelah lelah berjalan-jalan keliling kota Makassar, minyak tawon khas Makassar bisa menjadi pengobat rasa pegal. Selain bisa dipakai sendiri, minyak tawon khas Makasaar juga cocok dijadikan buah tangan. Minyak ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati bisul, gatal, pegal-pegal bahkan untuk meringankan nyeri pada gigi. Tersedia dalam berbagai varian ukuran, minyak tawon khas Makassar tersedia hampir di setiap pusat oleh-oleh karena memang minyak gosok ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun.

Kain tenun Sengkang

Makassar terkenal dengan kerajinan tenunnya. Kain tenun Sengkang khas Makassar 100 persen berbahan dasar sutera. Kain tenun khas Makassar ini memiliki corak dan warna beragam yang kebanyakan menggunakan paduan warna-warna cerah. Kain tenun Sengkang ini sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuat pakaian seperti kemeja  ataupun gaun. Untuk harga per meternya, kain tenun Sengkang dijual dengan harga mulai Rp 50 ribu hingga Rp 125 Ribu.

Sirup DHT   

Sirup DHT merupakan oleh-oleh andalan dari kota Makassar. Sirup ini biasa digunakan sebagai campuran minuman dan makanan seperti es pisang ijo, es kelapa muda, puding, dan lain-lain. Sirup manis ini tersedia dalam kemasan. Kemasan 2 liter seharga Rp 100 Ribu dan kemasan 5 liter senilai Rp 200 Ribu.

Nah, usai lelah berburu oleh-oleh, sebaiknya Anda mencari hotel untuk menginap. Kini, tak perlu bingung mencari hotel di Makassar. Ada Hotel Airy Rooms, yang menyediakan hotel dengan harga terjangkau dapat diakses melalui aplikasi Android dan Apple Store. Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com .

Atau untuk layanan konsumen bisa menghubungi 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp). Untuk pembayarannya pun sangat mudah, bisa melalui transfer rekening antar bank, atau pun kartu kredit. Selamat berwisata!

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement