Jumat 16 Dec 2016 06:06 WIB

Souvenir Khas yang Wajib Dibeli di Lombok

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
Penjual menunjukan perhiasan berupa mutiara air tawar yang dijual di sentra pusat perhiasan mutiara di Kawasan Sekarbela, Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Penjual menunjukan perhiasan berupa mutiara air tawar yang dijual di sentra pusat perhiasan mutiara di Kawasan Sekarbela, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, Lombok adalah salah satu destinasi wisata yang saat ini sedang menjadi perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindaham alam dan keramahan penduduk lokalnya membuat wisatawan betah berlama-lama saat berkunjung ke Negeri 1000 Masjid ini.

Tidak hanya itu, krativitas penduduk yang tertuang dalam sejumlah barang-barang kerajinan juga menjadi daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Kerajinan khas lombok yang bernilai seni tinggi sangat cocok dijadikan oleh-oleh atau buah tangan atau sekadar untuk dipakai sendiri.

Berikut refernsi souvenir yang wajib dibeli saat berkunjung ke Lombok:

Menjelajahi Cantiknya Pantai di Lombok

Perhiasan mutiara

Mutiara menjadi salah satu ciri khas Lombok sebab wilayahnya yang memang dikelilingi oleh lautan. Mutiara di Lombok ini menjadi istimewa karena berasal dari mutiara laut bukan hasil budidaya mutiara air tawar. Mutiara dari Lombok bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Untuk oleh-oleh berlibur dari Lombok, pengunjung bisa membeli mutiara yang sudah dirangkai dalam bentuk perhiasan seperti cincin, gelang, kalung maupun anting. Harga yang dibanderol untuk perhiasan mutiara pun cukup beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kualitas mutiara. Souvenir mutiara ini dapat ditemukan hampir di seluruh toko perhiasan atau pun artshop di Lombok.

Kain tenun sasak

Lombok memiliki kerajinan tenun yang tak kalah indah dari daerah-daerah lain. Selain bernilai seni tinggi, harga per lembar kin tenun cukup mahal karena membutuhkan proses yang tidak instan. Harga per lembar kain tenun beragam dengan harga paling rendah mulai dari Rp 100ribu. Jika ingin puas memilih, pengunjung dapat langsung membelinya di sentra industri tenun yang berlokasi di Desa Sade, Lombok Tengah.

Pajangan cantik dari tanah liat dan kayu

Selain mutiara dan kain tenun, pajangan cantik yang terbuat dari tanah liat ataupun kayu bisa menjadi alternatif lain untuk dijadikan oleh-oleh. Pengunjung dapat memilih berbagai kerajinan tangan dari tanah liat seperti guci, piring, cerek anglo dan lain sebagainya.

Kerajinan tembikar ini dapat ditemukan di daerah Banyumulekdi Lombok Tengah dan daerah Masbagik di Lombok Timur. Sementara kerajinan dari kayu dapat berupa hiasan interior rumah ataupun hiasan dinding seperti topeng. Untuk kerajinan kayu, pengunjung bisa membelinya langsung ke Desa Labuapi, Lombok Barat.

Aneka kerajinan bambu dan rotan

Lombok juga memiliki sentra kerajinan bambu dan rotan yang menyediakan banyak souvenir unik mulai dari tas, dompet hiasan dinding, lampu hias dan masih banyak lagi. Souvenir ini tentunya sangat cocok dijadikan oleh-oleh atau pun digunakan sendiri. Aneka kerajinan rotan dan bambu ini dapat ditemukan di Beleka, Lombok Tengah dan Loyok, Lombok Timur.

Setalah Anda mendapatkan souvenir ketika berlibur di Lombok, saatnya Anda mencari penginapan yang nyaman di Lombok. Dengan bantuan teknologi saat ini, sangat mudah untuk melakukan pemesanan tempat menginap di Lombok yang cocok dengan harga yang memuaskan.

Airy Rooms adalah jaringan hotel budget terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak. Fasilitas yang diberikan pun sangat memadai. Setiap kamar di Airy Rooms dilengkapi dengan AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis.

Satu lagi kelebihan yang membuat Airy Rooms menjadi pilihan favorit banyak travellers di Indonesia. Hotel Airy Rooms bisa dipesan lewat berbagai cara, mulai dari aplikasi Airy Rooms yang bisa diunduh di Google Play Store, Apple Store, website www.airyrooms.com, hingga telepon (0804-111-2479) atau WhatsApp (0812-8070-0020) langsung ke customer service-nya. Airy Rooms juga menerima berbagai macam metode pembayaran yang fleksibel mulai dari transfer antar rekening bank, sampai kartu kredit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement