Kamis 15 Dec 2016 09:53 WIB

Begini Cara Hindari Stress Keuangan Usai Liburan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Liburan tapi stress memikirkan keungan, perlu dihindari dengan melakukan perencanaan yang baik
Foto: Mentalfloss
Liburan tapi stress memikirkan keungan, perlu dihindari dengan melakukan perencanaan yang baik

REPUBLIKA.CO.ID,  Liburan memang menyenangkan. Namun, kesenangan itu bisa membuat kantong kering seketika jika tidak dibarengi pengaturan anggaran keuangan yang tepat.

Konsultan manajemen keuangan Catherine Derus dari Brightwater Financial mengatakan, perencanaan adalah hal pertama yang harus dilakukan. Langkah itu bisa membuat Anda terhindar dari stres setelah liburan.

Caranya, tuliskan besaran anggaran beserta hal-hal yang akan Anda lakukan atau Anda beli selama liburan. Memetakan daftar di awal akan memudahkan pengawasan arus keluar uang dan dapat menghindarkan dari kegiatan belanja berlebihan yang bikin bocor anggaran.

Selanjutnya, tentu saja 'mematuhi' perencanaan yang Anda buat sendiri. Derus juga menganjurkan untuk tidak tergoda membeli hal-hal sepele yang tidak diperlukan dan memang tak tertulis dalam rencana.

Bagi yang akan berlibur menggunakan moda transportasi, ia menyarankan untuk membeli tiket jauh sebelum hari-H. Namun, cara penghematan paling mudah adalah pergi sesudah waktu liburan mainstream.

Misalnya, ketika semua orang berlibur akhir tahun, kita bisa memilih untuk pergi pada Januari. Dengan begitu, biaya transportasi, akomodasi, dan keseluruhan anggaran bisa ditekan besar-besaran. "Tidak hanya baik untuk dompet, tetapi suasana juga lebih lengang sehingga Anda bisa lebih menikmati waktu berlibur," kata Derus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement