Selasa 13 Dec 2016 10:31 WIB

Wisata Alam yang Perlu Dicoba Saat di Medan

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
Beberapa wisatawan lokal maupun mancanegara menyeberang menggunakan perahu kayu (getek) di kawasan Objek Wisata Alam Bukit Lawang, Bahorok, Kab Langkat, Sumut, Kamis (17/5).
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Beberapa wisatawan lokal maupun mancanegara menyeberang menggunakan perahu kayu (getek) di kawasan Objek Wisata Alam Bukit Lawang, Bahorok, Kab Langkat, Sumut, Kamis (17/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Medan sangat identik dengan objek wisatanya Danau Toba dan Pulau Samosir. Keduanya merupakan ikon pariwisata di kota terbesar di Pulau Sumatera ini. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung kesana baik untuk menikmati keindahan alamnya maupun mengenal suku dan budaya yang ada disana.

Namun, selain Danau Toba dan Pulau Samosir, Medan juga menyimpan banyak wisata alam yang menarik dan tak kalah eksotis dari kedua objek wisata tersebut mulai dari air terjun, sungai hingga gunung. Tidak hanya menikmati keindahan alamnya, tetapi pengunjung dapat merasakan sensasi bertualang. Berikut wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Medan.

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak terletak di Kecamatan Berastagi. Gunung ini menawarkan bentangan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Berwisata ke Gunung Sibayak sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki hobi mendaki. Sedikit bersusah payah mendaki menuju puncak, wisatawan akan disuguhi pemadangan kawah landai.

Pada malam hari, dari puncak Gunung Sibayak ini, dapat menikmati ribuan bintang di langit dan cahaya lampu-lampu dari rumah penduduk. Sedangkan pada pagi hari, pemandangan matahari terbit akan membuat suasana menjadi lebih hangat.

Hutan Tangkahan

Medan memiliki keindahan alam tersembunyi yang masih jarang dikunjungi wisatawan domestik tapi banyak diburu oleh wisatawan mancanaegara yaitu hutan Tangkahan. Hutan Tangkahan menawarkan pengalaman lain menelusuri hutan. Jika biasanya penelusuran hutan dilakukan dengan berjalan kaki, yang unik dari hutan Tangkahan ini adalah dapat ditelusuri sambil menunggang di atas gajah.

Hutan Tangkahan berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Kabupaten Langkat. Di hutan ini di dalamnya terdapat sungai, air terjun, air panas, hingga lembah. Di hutan Tangkahan wisawatan juga bisa berarung jeram di Sungai Alas serta mengunjungi tempat rehabilitasi satwa langka orangutan sumatera.

Bukit Lawang

Satu lagi lokasi wisata di Medan yang cocok dikunjungi bagi wisawatan yang ingin melampiaskan hasrat bertualangnya yaitu Bukit Lawang. Konturnya yang berbukit, menuntut pengunjung untuk melakukan trekking. Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Lawang disarankan untuk melakukan persiapan sebelumnya karena kondisi jalan di Bukit Lawang yang becek dan berlumpur. 

Kawaan hutan Bukit Lawang menyimpan berbagai macam satwa liar. Tak jarang ada pengunjung yang bertemu dengan satwa liar seperti orang utan, harimau sumatra bahkan badak sumatra. Di dalam kawasan Bukit Lawang, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain seperti berarung jeram menggunakan ban (tubing), hingga menelusuri Goa Kelelawar. (baca juga: Sensasi Wisata Alam ala Air Terjun Dwi Warna di Medan)

Nah, itu tadi obyek wisata yang bisa Anda nikmati di Medan. Soal akan menginap di mana, tidak perlu khawatir lagi. Kini, ada banyak hotel atau penginapan murah di Kota Medan.

 

Anda bisa langsung booking hotel murah melalui Airy Rooms, jaringan hotel terbesar di Indonesia. Dengan harganya yang murah, fasilitasnya cukup lengkap. Di setiap kamar telah tersedia AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis. Pemesanannya dapat dilakukan melaui Android dan iOS App, atau di situs www.airyrooms.com. Pembayarannya bisa dengan transfer bank maupun kartu kredit. Sangat mudah bukan?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement