Selasa 13 Dec 2016 06:46 WIB

Raih Kesuksesan dengan 3 Hal Sepulang Kerja

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Membaca buku
Foto: ist
Membaca buku

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melepas lelah setelah bekerja seharian. Beberapa orang lebih suka menonton televisi sambil menyantap makanan, beberapa lainnya lebih suka bersantai sambil berselancar di media sosial.

Setiap orang memang bebas memilih untuk melakukan apapun setelah bekerja, termasuk bersantai. Akan tetapi, hanya dengan menyisihkan waktu satu jam saja setelah bekerja untuk melakukan hal yang produktif ternyata dapat memberi nilai lebih yang mungkin mempermudah pekerja meraih kesuksesan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pekerja jika memanfaatkan waktunya setelah bekerja untuk melakukan hal yang produktif. Salah satunya, pekerja bisa mempelajari hal baru dengan menyisihkan satu jam setelah bekerja untuk belajar bahasa, melakukan hobi ataupun merancang sesuatu. Hal ini akan membuat pekerja merasa lebih 'terisi' dan bahagia.

Sedikit waktu setelah bekerja juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan sesuatu demi mencapai tujuan pribadi. Berbagai kemampuan yang diasah selama satu jam setelah bekerja ini juga dapat menjadi kemampuan lebih dari si pekerja yang bisa mejadi 'nilai jual' untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih baik.

Dari berbagai hal produktif yang mungkin dilakukan pekerja selama satu jam setelah bekerja, LifeHack merangkum tiga hal produktif yang bisa membawa perubahan dalam hidup pekerja jika dilakukan secara rutin. Berikut ini ialah ketiga hal produktif tersebut yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Membaca

Membaca, buku jenis apapun dari berbagai genre, setelah selesai bekerja merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Dengan menyisihkan satu jam setiap hari untuk membaca buku, ada semakin banyak pula buku yang dapat dibaca. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin banyak pula hal yang Anda diketahui. Di samping itu, banyak membaca juga dapat membantu Anda untuk lebih meningkatkan kemampuan menjalin pembicaraan dengan berbagai topik. Pengetahuan-pengetahuan dari buku bahkan bisa memberikan ilmu baru yang mungkin dapat mendorong kemajuan karier Anda.

Melakukan Proyek Pribadi

Hal ini bermanfaat untuk dilakukan jika perusahaan tidak memberikan proyek serupa. Melakukan sebuah proyek pribadi, seperti membuat situs atau menjadi relawan, dapat memberi nilai tambah pada pribadi Anda. Melalui proyek-proyek pribadi ini, Anda dapat belajar mengenai arti dari kerjasama, bagaimana bergelut dengan tenggat waktu, hingga menghadapi masukan terkait pekerjaan yang dilakukan. Hal-hal tersebut merupakan sikap yang baik sebagai bekal untuk meraih kesuksesan dalam karier.

Menjalin Koneksi

Koneksi merupakan satu nilai tambah yang tidak bisa dipungkiri, baik dalam mengembangkan diri maupun karier. Untuk bisa menjalin koneksi, Anda cukup memanfaatkan waktu luang setelah bekerja dengan pergi ke luar dan bertemu banyak orang. Anda juga bisa membuat rencana untuk pergi bersama dengan teman-teman sejawat sepulang bekerja.

Ketiga hal ini merupakan sebagian kecil dari berbagai hal produktif yang bisa Anda lakukan sepulang bekerja. Anda bisa berpikir di 'luar kotak' untuk mencari sendiri hal produktif apa yang bisa dilakukan sepulang bekerja dan sesuai dengan minat Anda sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement