Jumat 09 Dec 2016 07:01 WIB

Makanan Terbaik Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Rep: MGROL 90/ Red: Indira Rezkisari
Teh bunga chamomile
Foto: Flickr
Teh bunga chamomile

REPUBLIKA.CO.ID, Pada malam hari banyak orang mengeluh susah tidur. Jika ada sesuatu yang membuat orang terjaga di malam hari, makanlah jenis makanan tertentu yang dapat membantu tidur lebih nyenyak. Memilih makanan untuk menginduksi tidur dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan sesuai keinginan.

Kacang kenari

Kenari kaya 'triptofan', asam amino yang membantu memproduksi serotonin dan melatonin. Keduanya fantastis untuk mengendurkan pikiran tegang, mengatur jam tidur, dan membantu tidur seperti bayi.

Beberapa orang harus meenggak pil yang mengandung melatonin untuk tidur lebih cepat. Kenari adalah alternatif yang jauh lebih sehat dan alami.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Centre, 1 gram kenari mengandung antara 2,5 gram hingga 4,5 gram melatonin, yang membantu tidur lebih lelap.

Kacang almond

Almond seperti permata makanan untuk tidur lebih nyenyak. Karena mengandung magnesium, almond sering digunakan sebagai obat untuk sakit kepala dan mengurangi stres. Kacang ini merupakan makanan untuk otak pada umumnya, membantu fungsi pikiran lebih baik, dan oleh karena itu dapat mendukung tidur lebih nyenyak.

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa kegunaan almond lebih efektif setelah direndam dalam air selama minimal 24 jam. Almond tersebut kaya lemak jenuh tunggal yang dapat meendukung tidur lebih nyenyak dan jantung lebih sehat.

Susu hangat

Susu hangat mengandung kalsium yang membantu dalam memproduksi melatonin di dalam tubuh. Mencoba segelas susu hangat tepat sebelum pergi tidur akan membuat mata tertutup dan jatuh tertidur. Kantuk adalah respons alami tubuh untuk segelas susu hangat. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa segelas susu hangat dapat menenangkan dan bekerja bak selimut tua favorit menghangat tubuh serta membuat nyaman.

Teh herbal

Teh kamomil memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi nyeri otot dan punggung, serta bertindak sebagai relaksasi otot dan saraf. Menyeruput secangkir teh kamomil diyakni berguna sebagai antidepresan, oleh karena itu dapat mendukung tidur lebih nyenyak dengan mengurangi kecemasan.

Jus ceri

Ramuan manis ini kaya akan melatonin yang dapat menginduksi tryptophan, dan juga kadar insulin dalam tubuh yang dapat membuat tubuh sedikit 'malas dan mengantuk'. Studi menemukan bahwa mengonsumsi jus ceri dua kali sehari meningkatkan tidur hingga 90 menit, dilansir dari Life Hack.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement