Rabu 07 Dec 2016 11:53 WIB

Industri Pariwisata Halal Oman Terus Berkembang

Rep: marniati/ Red: Damanhuri Zuhri
Ilustrasi Wisata Halal. (Republika/Mardiah)
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Wisata Halal. (Republika/Mardiah)

REPUBLIKA.CO.ID, MUSKAT -- Dalam beberapa tahun terakhir terjadi lonjakan dalam industri pariwisata halal di Oman. Sebagai bagian dari Strategi Pembangunan Pariwisata 2040 Oman menargetkan menjadi negara tujuan utama untuk pariwisata halal di kawasan Teluk dan dunia.

Baru-baru ini, industri pariwisata halal Oman merilis Travel Halal 2016 yang menyediakan kebutuhan dan layanan bagi wisatawan muslim. "Kami melihat pasar Oman sebagai salah satu pasar kunci di GCC (Dewan Kerjasama Teluk),'' ujar Managing Director Amadeus Gulf, Graham Nichols seperti dilansir Zawya.com (3/12).

Graham Nichols menjelaskan, industri pariwisata Oman diperkirakan akan tumbuh terus selama lima tahun ke depan dengan kedatangan wisatawan diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya dari berbagai negara sebagai koneksi wisata ditingkatkan dan pelarangan visa dikurangi.

Ia menejelaskan, sementara jumlah wisatawan mengalami peningkatan namun motivasi wisatawan untuk mengunjungi Oman tetap relatif statis selama lima tahun terakhir. Rata-rata, sekitar sepertiga dari wisatawan datang ke Oman untuk bersantai dan rekreasi, sementara sekitar 39 persen lainnya untuk mengunjungi teman atau kerabat.

Dan sisanya, kata Nicholis, berkunjung untuk keperluan bisnis. ''Industri pariwisata halal memang sedang mengalami perkembangan di dunia termasuk Oman. Oman memiliki sejumlah situs sejarah sehingga menjadi nilai tambahan  untuk ekspansi pariwisata,'' jelasnya.

Hotel di Oman secara bertahap mulai mengakomodir kepentingan wisatawan. Seperti katering dan tempat-tempat yang memberikan kenyamanan bagi wisatawan.  Coral Muscat Hotel dan Apartemen, merupakan salah satu hotel bintang empat yang baru dibuka tahun ini. 

Pada tahun 2010, hotel bintang lima pertama yang ramah untuk wisatawan muslim yaitu The Platinum. Hotel ini dibuka untuk mengikuti tren yang sedang berkembang menuju pariwisata halal. Demikian pula, Grand Millennium Muscat, sebuah hotel mewah telah berkembang cukup baik untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement