Selasa 06 Dec 2016 15:59 WIB

Airfrov Tawarkan Jasa Penitipan dengan Harga Lebih Miring

Rep: Novita Intan Sari/ Red: Indira Rezkisari
Penggunaan barang dari luar negeri kini sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat di mana saja.
Foto: Reuters
Penggunaan barang dari luar negeri kini sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat di mana saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran beragam layanan titip belanja semakin memudahkan para pencinta belanja. Berbekal perangkat komputer dan koneksi internet, siapapun sudah bisa memesan barang yang mereka inginkan.

Apalagi saat ini jasa titip belanja, terutama untuk membeli barang dari luar negeri cukup menjamur di Tanah Air, seperti melalui kios daring Amazon.com atau eBay.com. Melihat kebutuhan itu, dua pemuda asal Indonesia dan Singapura menggagas suatu ide untuk memfasilitasi orang-orang yang suka titip menitip dari luar negeri.

"Airfrov merupakan jasa titip belanja di luar negeri melalui traveller. Aplikasi ini lebih murah, aman dan bermanfaat. Dibandingkan dengan eBay, dimana terjadi kenaikan harga dua kali lipat atau sekitar 20-30 dolar tergantung barangnya," ujar CEO sekaligus pendiri Airfrov, Cai Li, di Jakarta, Selasa (6/12).

Dirilis sejak 1,5 tahun lalu di Singapura, Airfrov memanfaatkan peluang pasar yang timbul karena meningkatnya jumlah wisatawan Indonesia dari dan ke luar negeri. Berdasarkan data dari The Airports Council International (ACI), Bandara Soekarno Hatta (CGK) di Indonesia menduduki peringkat ke-18 sebagai bandara dengan lalu lintas serta kesibukan terpadat di dunia pada tahun ini.

Sementara Marketing Manager Airfrov Indonesia, Acesa Rebeca Anindita menambahkan dengan menitip beli barang di Airfrov, bagi requester (yang menitip barang) dapat menekan beberapa komponen harga seperti ongkos kirim yang tinggi dan bea cukai. Bahkan di beberapa negara tidak perlu membayar pajak sama sekali.

"Titip belanja ini merupakan kebiasaan bahkan menjadi kebutuhan. Masalah uang jadi kendala selama ini. Tapi di Airfrov kami punya keunggulan, dimana ada personal shopper (percakapan antara requester dan travellers) mengenai barang baru yang lagi baru dan tren," jelas dia.

Head of Operations Airfrov, Angelina Chandraatmadja menjelaskan aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang mencakup 'trending requester' dan 'recommendations by travellers' untuk memberi informasi lengkap mengenai tren produk-produk di luar negeri. Dengan tampilan sederhana, para pengguna dapat melihat barang-barang yang dipesan oleh pengguna lain, dan bisa menitip produk yang sama dengan mengklik 'aku juga mau'.

Para pelancong juga dapat mengunggah rekomendasi barang-barang unik yang mereka temukan di luar negeri. Terdapat 5 produk yang paling banyak dipesan di Airfrov, antara lain Tas Anello dari Jepang, Binggrae Banana Milk dari Korea Selatan, sepatu Adidas dari Amerika Serikat, Garrett Popcorn dari Singapura dan Tokyo Milk Cheese dari Jepang.

"Orang Indonesia doyan produk dari Jepang sekitar 33 persen, lalu Amerika Serikat 16 persen, Korea 10 persen, Inggris 8 persen dan HongKong 6 persen. Kami memberikan pelayanan yang berkualitas dan 24 jam," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement