Ahad 04 Dec 2016 12:11 WIB

Wisata yang Wajib Dicoba Selama 2 Hari di Semarang

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
Kuil Sam Poo Kong
Foto: antarafoto
Kuil Sam Poo Kong

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda bosan menghabiskan waktu berakhir pekan hanya dengan hangout ke mall atau nongkrong di kafe langganan, ada baiknya Anda mencoba pergi berlibur sambil menambah wawasan tentang sejarah bangsa. Nah, Semarang adalah kota yang tepat untuk dikunjungi.

Semarang dikenal sebagai kota yang kaya akan wisata budaya dan sejarahnya. Betapa tidak, gedung-gedung peninggalan zaman Belanda masih berdiri kokoh dan cukup menarik untuk dipelajari kembali. Contohnya saja objek wisata Lawang Sewu. Lawang Sewu bukan hanya sekadar ikon kota tetapi juga menyimpan sejarah yang penting bagi masyarakat Indonesia.

Lawang Sewu dulunya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda. Dengan berwisata ke Lawang Sewu secara tidak langsung pengunjung akan mengetahui sejarah perkeretaapian di Indonesia. Selain Lawang Sewu, masih banyak lagi objek wisata sejarah yang bisa dikunjungi di Semarang.

Benteng Pendem

Seperti namanya, benteng Pendem  dibangun di bawah tanah. Dulunya, benteng ini difungsikan sebagai bagian dari siasat perang pada zaman penjajahan Belanda. Benteng Pendem berjarak sekitar 40 km dari Kota Semarang tepatnya berada di Kecamatan Ambarawa. Berada di area Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Ambarawa, situs bersejarah ini menghadirkan pemandangan bangunan kuno sehingga membuat nilai-nilai historisnya terasa kental. Benteng terdiri dari banyak jendela atau pintu, khas bangunan peninggalan Belanda.  Jika telah mencapai benteng ini, jangan lewatkan momen untuk berfoto karena benteng memiliki spot-spot yang eksotis dan sangat instagramable. 

Klenteng Sam Poo Kong 

Jika berlibur ke Semarang, jangan lupa singgah ke Klenteng Sam Po Kong. Di bangun oleh penjelajah Muslim Cina Laksmana Cheng Ho, arsitektur klenteng ini mirip dengan arsitektur China seperti bangunannya yang melebar ke samping dengan bentuk atap yang bersusun.  

Pengunjung bisa mengetahui perjalanan sang kasim Muslim yang dilakukan pada awal abad ke-15 melalui relief yang terdapat di dinding bangunan. Di dalam komplek Klenteng Sam Poo Kong, terdapat beberapa anjungan yaitu Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat pemujaan (Kyai Juru Mudi, Kayai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng). 

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Semarang, merupakan salah satu dari ribuan candi yang terdapat di Jawa Tengah. Maka, tidak lengkap rasanya berlibur di Semarang jika tidak berkunjung ke situs candi Gedong Songo ini. Sesuai namanya ‘Gedong’ (bangunan) dan ‘Songo’ (sembilan), komplek candi peninggalan Hindu ini terdiri dari sembilan bangunan. Selain wisata sejarah, Gedong Songo juga menghadirkan pemandangan alam yang menakjubkan karena berada tepat di lereng Gunung Ungaran. Karena itu pula, jika berkunjung ke Candi ini jangan lupa membawa jaket atau sweater sebab dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut, suhu di area candi bisa mencapai 19 derajat celcius.

Soal booking hotel murah di Semarang, lewat Airy Rooms saja, karena pasti telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis. Harganya murah karena Airy Rooms bekerja sama dengan sejumlah hotel. 

 Airy Rooms juga merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia, sehingga memudahkan Anda mencari tempat untuk menginap dan kamar pun dapat dipesan secara online melalui aplikasi di iOS dan Android, juga situs www.airyrooms.com. Anda pun dapat melakukan pembayaran melalui cara transfer ataupun dengan kartu kredit. Bagaimana? Mudah bukan? Ayo segera menabung dan lepaskan penat dengan berwisata sejarah di Padang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement