Kamis 01 Dec 2016 11:43 WIB

'UberKebun' Bantu Hijaukan Lahan Parkir di Tengah Kota

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Taman Kota
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Taman Kota

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayangkan jika di tengah perkotaan yang biasa Anda lalui lebih banyak jumlah kebun yang ada dibandingkan lahan parkir? Tentu keadaan menjadi sejuk dan nyaman. Uber Indonesia dan World Wide Fund for Nature (WWF) turut mewujudkan hal tersebut sekaligus memperingati bulan November sebagai bulan pohon dengan mengadakan kampanye UberKebun.

Meski kegiatan hanya sebentar tetapi cukup memberikan dampak positif. "Kami mengajak masyarakat mengkampanyekan UberKebun, dengan mengubah 14 lokasi parkir di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali menjadi taman pop-up," ujar Managing Director Uber Indonesia, Alan Jiang saat acara 'Kampanye UberKebun' di Restoran Bangi Kopitiam, Jakarta, Rabu (30/11).

Alan melihat saat ini kondisi transportasi umum belum memungkinkan untuk mengantarkan semua orang ke depan pintu rumah masing-masing, banyak warga di kota-kota di seluruh dunia menggunakan Uber untuk kilometer terakhir perjalanan mereka dari dan menuju rumah atau tempat kerja. Untuk itu Uber memakai teknologi baru seperti aplikasi ridesharing, memberikan kesempatan untuk menciptakan mobilitas urban yang sesuai untuk generasi mendatang.

"Untuk pertama kalinya teknologi baru ini juga berhasil mewujudkan terjadinya carpooling (nebeng) secara masal. Aplikasi seperti Uber dapat secara instan mencocokkan warga yang ingin melakukan perjalanan ke tujuan yang sama dalam waktu yang bersamaan, sehingga para penumpang dapat berbagi perjalanan dan biayanya," jelas Alan. Dia menyakini, model aplikasi ini merupakan cara efektif untuk mengurangi kemacetan dan polusi. Selama tujuh bulan pertama tahun 2016, secara global UberPool telah mengurangi emisi karbon sebanyak 55.560 ton dan menghemat bahan bakar sebanyak 23 juta liter.

Kampanye UberKEBUN dilaksanakan pada 25 November 2016 hingga 30 November 2016. Para konsumen Uber yang mendukung kampanye ini secara otomatis akan mendonasikan Rp 5.000 dari total biaya perjalanan untuk program MyBabyTree dari WWF.

Tidak ada hal yang berbeda dalam aplikasi Uber yang mereka gunakan. Seperti biasa, konsumen hanya perlu memesan UberX untuk mengantarkan ke tempat tujuan. Dari total biaya yang dibayarkan konsumen, Uber akan mendonasikan sebesar Rp 5.000 ke WWF.

Konsumen Uber bisa mencari taman-taman tersebut lalu mengunggah fotonya melalui akun sosial media dengan hashtag #UberKEBUN. Lima konsumen yang beruntung bisa mendapatkan kredit Uber senilai Rp 500 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement