Kamis 01 Dec 2016 10:09 WIB

Uber Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Hijau

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Uber
Uber

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kokoh dan tingginya gedung-gedung pencakar langit di ibukota semakin perkasa. Lahan-lahan nan hijau terpaksa bertekuk lutut di depan megahnya gedung-gedung. Hampir tak ada sejengkal jari pun tersisa untuk membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) di ibukota.

Menyadari hal tersebut, Uber Indonesia dan World Wide Fund for Nature (WWF) mengajak masyarakat untuk membayangkan kota di Indonesia memiliki lebih banyak taman. Melalui program teranyar, UberKebun mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan sistem transportasi ridesharing atau berbagi tumpangan, yang dikombinasikan dengan transportasi publik. "Kami ingin mengajak masyarakat untuk mengurangi ketergantungan akan kendaraan pribadi dan menggunakan Uber," ujar Managing Director Uber Indonesia, Alan Jiang saat acara 'Kampanye UberKebun' di Restoran Bangi Kopitiam, Jakarta, Rabu (30/11).

Alan menjelaskan, kampanye UberKebun telah dilakukan sejak 25 November 2016 hingga 30 November 2016, yang tersebar di empat kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Dengan melakukan perjalanan menggunakan opsi UberKebun, Uber menyumbangkan Rp 5.000 untuk program My Baby Tree dari WWF Indonesia. "Donasi tersebut akan digunakan untuk menanam pohon di wilayah-wilayah yang membutuhkan di Indonesia," ucap Alan.

Sementara Marketing Director WWF Indonesia, Devi Suradji menambahkan aplikasi ridesharing seperti Uber termasuk layanan carpooling UberPool memberikan pilihan kepada masyarakat untuk membuat pilihan mobilitas yang lebih baik. "Kami memberikan pilihan mobilitas yang mengurangi kepemilikan kendaraan pribadi, mengurangi kemacetan dan mengurangi emisi karbon," kata Devi.

Masa depan yang lebih baik dapat digapai, terlebih teknologi sudah ada dalam genggaman. Yang dibutuhkan adalah warga dan pemerintah kota yang mau memanfaatkan semua potensinya. Sebagai puncak dari kampanye UberKebun, pada tanggal 30 November, Uber akan mentransformasi 14 lahan parkir di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali menjadi taman-taman dadakan untuk dapat dinikmati warga.

Selain itu konsumen Uber bisa mencari taman-taman tersebut lalu mengunggah fotonya melalui akun sosial media dengan hashtag #UberKEBUN. Lima konsumen yang beruntung bisa mendapatkan kredit Uber senilai Rp 500 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement