Kamis 01 Dec 2016 08:04 WIB

Hotel di Korea Selatan Sediakan Menu Halal bagi Wisatawan Muslim

Rep: marniati/ Red: Damanhuri Zuhri
Makanan halal
Foto: ist
Makanan halal

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pejabat industri Korea Selatan menyebutkan saat ini beberapa hotel bintang lima di Korea Selatan telah menawarkan menu makanan halal untuk wisatawan muslim. Jumlah hotel yang menyediakan menu halal ini diperkirakan akan bertambah, mengingat pasar wisata halal global yang semakin berkembang.

Dilansir dari koreatimesus.com, menu halal yang disiapkan pihak hotel sesuai dengan hukum Islam. Menurut Organisasi Pariwisata Korea (KTO)  dalam buku panduan halal yang disediakan terdapat nama-nama hotel yang menyediakan menu halal serta mengakomodir keperluan wisatawan muslim. Seperti Hotel Plaza dan Lotte Hotel.

Di Hotel Plaza, pihak manajemen juga menyediakan Kitab Suci Alquran untuk umat Islam menjalankan ibadah. Kebijakan ini membuat jumlah pengunjung muslim mengalami peningkatan lebih dari 10 persen selama beberapa tahun terakhir.

Hal serupa juga dilakukan manajemen hotel Lotte. Tamu muslim yang berkunjung ke hotel ini meningkat 10 persen dalam tiga tahun terakhir. Hotel Lotte menyediakan lima restoran yang menyediakan menu makanan halal. Restoran ini telah disertfikasi oleh KTO.

Industri perjalanan dan perhotelan lokal telah berusaha untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan muslim. Menurut Presiden Tourism Organization Korea, Jung Chang So, saat ini ada sekitar 130 restoran untuk muslim, termasuk 14 yang bersertifikat halal di Korea Selatan dan angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

Untuk menciptakan kenyamanan bagi wisatawan muslim ini, Korea Selatan tidak hanya memproduksi produk halal saja, tetapi juga menyediakan tempat ibadah bagi muslim.

Saat ini terdapat 15 masjid di Korea Selatan, termasuk Masjid Pusat Seoul, dan 40 tempat ibadah di tempat-tempat wisata populer seperti Nami Island, Lotte World dan Coex Mall,  Bandara Incheon International di Seoul, dan yang terbaru di Bandara Internasional Gimhae di Busan; dan K-Style Hub, pusat informasi wisata di Seoul.

Jumlah Muslim wisatawan ke Korea Selatan telah meningkat dari 541 ribu di 2012 menjadi 752 ribu pada tahun 2014. Sedangkan pada tahun 2015 jumlah wisatawan muslim sebanyak 900 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement