Senin 21 Nov 2016 13:25 WIB

Cara Aman Berkartu Kredit Selama Liburan

Kartu Kredir
Foto:
Kartu Kredit

Selama perjalanan

- Simpanlah tanda terima atau nota transaksi setiap kali menggunakan kartu kredit. Saat bepergian Anda tentu bertransaksi di banyak tempat, sehingga mudah untuk lupa bila tidak menyimpan catatan tanda terima. Selain nota transaksi, simpan pula struk penggunaan kartu kredit Anda agar dapat mudah mencocokkan dengan tagihan yang datang. Hal ini terutama diperlukan bagi Anda yang membawa beberapa jenis kartu.

- Gunakanlah kartu kredit dengan bijaksana dengan mempertimbangkan biaya transaksi yang termurah dan kurs yang terendah bila bepergian keluar negeri. Meskipun membawa kartu kredit, namun tetap kontrol pengeluaran Anda secara bijak agar tidak dipusingkan dengan tagihan yang menumpuk ketika Anda pulang.

- Jaga kartu kredit Anda dengan baik agar terhindar dari tindak kejahatan. Apalagi bila Anda bepergian keluar negeri, bila terjadi suatu tindak kejahatan maka tentu akan lebih sulit untuk mengatasinya. Jangan sembarangan memberikan data-data kartu kredit Anda pada orang yang tidak dikenal.

Setelah perjalanan

- Mengecek laporan tagihan kartu kredit. Tanda terima yang Anda simpan saat perjalanan berguna agar Anda dapat mencocokkannya dengan laporan tagihan kartu kredit yang dikirimkan oleh bank. Jangan sampai ada transaksi yang tidak sesuai atau nilai melebihi dari yang seharusnya ditagih.

- Evaluasi penggunaan kartu kredit. Dari catatan transaksi dan pengeluaran yang dibuat selama perjalanan, Anda dapat mengevaluasi mana pengeluaran yang memang lebh baik untuk dibayar dengan kartu kredit. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perjalanan berikutnya.

Langkah untuk menggunakan kartu kredit secara aman tidak susah bukan? Dengan menerapkan langkah di atas, Anda tidak hanya dapat menikmati keuntungan dari kartu kredit tapi juga menggunakannya secara aman sehingga dapat berlibur dengan tenang dan menyenangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement